4 Tanaman Air untuk Taman Air di Halaman Rumah yang Asri

MYBIGPROPERTY.COM - Taman air bisa menjadi alternatif penghias halaman rumah untuk menciptakan suasana sejuk dan asri. Meski pembuatannya terhitung agak rumit, namun banyak pemilik rumah memang lebih suka membuat taman air ketimbang taman biasa.

Apalagi gemericik air yang mengalir di taman melalui fountain mini konon bisa membuat diri kita rileks sehingga memperingan stres lo.

Lalu, namanya juga taman. Bagaimana dengan tanamannya? Apakah sembarang tanaman bisa ditaruh di taman air kita? Tentu saja tidak, karena tak semua tanaman "doyan" air.


4 Tanaman air yang bisa menjadi pengisi dan penghias taman air di rumah Anda

1. Lotus


Lotus atau teratai merupakan tanaman air yang sangat digemari. Bunganya indah, dan daun lebarnya bikin segar suasana.

Lotus dapat diperbanyak secara generatif menggunakan biji, dan vegetatif dengan rimpang. Bunganya bertangkai panjang, dan mau berbunga tanpa kenal musim.

Lotus bagi pemeluk agama Buddha menjadi lambang kesucian, tempat bertahtanya Dewi Kwan Im. Bunga ini dapat mencapai diameter 20-30 centimeter, dengan panjang kelopaknya hingga mencapai 15 centimeter.


2. Lidi air (Futoi)


Berbatang silinder, tanaman air ini bisa diperbanyak dengan cara stek batang atau pemisahan rumpun.

Bentuknya memanjang menyerupai lidi dengan ruas-ruas di batangnya, seperti bambu. Tanaman yang tumbuh bergerombol dan sangat menyukai sinar matahari ini kalau tumbuh bisa mencapai setinggi 1 - 2 meter.


3. Papyrus


Tanaman yang sering ditanam dalam taman air ini tumbuh secara bergerombol membentuk rumpun. Batangnya berbentuk segitiga, bisa tumbuh hingga mencapai 3 meter.

Papyrus menyukai cahaya matahari, baik secara langsung maupun semilangsung. Selain itu, dia juga suka udara dan tanah yang basah.

Media tanam untuk Papyrus terdiri atas komposisi 1/3 bagian tanah, 1/3 pasir, dan 1/3 pupuk kandang, kemudian 1 lapis pecahan batu bata merah di dasar pot. Media ini harus diperbarui jika pertumbuhan jelek. Anda dapat memperbanyak papyrus dengan menyapih anakannya.


4. Melati air


Yang satu ini juga favorit banget, selalu ada di hampir setiap taman air yang ada. Daun melati air berbentuk lanset, dengan bunga kecil-kecil berwarna putih seperti melati. Hanya saja tak sewangi melati.

Ketinggian maksimum yang bisa dicapai adalah 1 meter. Tanaman air ini berasal dari Amerika Selatan, tak memerlukan perawatan terlalu rumit karena sangat mudah beradaptasi dan berinteraksi dengan lingkungan tempat ia tumbuh. Yang penting, sediakan air yang banyak sebagai medianya.

No comments

Powered by Blogger.