Yuk, Intip 8 Tip Dekorasi Kamar Ukuran Kecil Untuk Anak Kos Berikut!

dekorasi kamar ukuran kecil

Buat yang merantau, baik untuk bekerja ataupun kuliah, kamar kos akan menjadi rumah kedua yang tentu ingin Anda tata senyaman mungkin. Namun, yang namanya anak kos tentu biaya / budget yang dimiliki untuk menata dan memiliki dekorasi kamar kos yang seru dan menarik sangatlah terbatas.

Siapa bilang biaya yang terbatas menjadi halangan? Dengan kreativitas dan usaha lebih, Anda bisa menghadirkan berbagai dekorasi kamar kos yang menarik dan juga fungsional agar kamar kos jadi lebih nyaman dan homey.

Sebelum membahas inspirasi dekorasi kamar ukuran kecil untuk kamar kos, simak yuk tip menata kamarnya terlebih dahulu.

5 cara menata kamar tidur mungil, yaitu: 

  • Pilih barang-barang portabel yang multifungsi
  • Siasati tempat penyimpanan
  • Pilih tempat tidur dengan ranjang yang tinggi
  • Manfaatkan barang bekas sebagai kotak penyimpanan
  • Hindari dekorasi permanen

Masih bingung bagaimana caranya? Yuk, intip 8 tip dekorasi kamar ukuran kecil untuk anak kos berikut!

1. Tanaman Hias

dekorasi kamar ukuran kecil

Dekorasi kamar ukuran kecil dengan tanaman hias. Anda dapat meletakkan tanaman di kamar untuk menghindari kesan ruangan yang pengap dan padat. Tanaman seperti kaktus maupun bunga sangat cocok untuk Anda pilih. Kaktus adalah tanaman yang tidak memerlukan perawatan intensif sehingga mudah untuk merawatnya. Bagi Anda yang malas untuk merawat tanaman pun, Anda dapat memiliki tanaman artifisial sebagai penggantinya.

2. Rak Dinding

dekorasi kamar ukuran kecil
Rak dinding merupakan solusi dekorasi kamar ukuran kecil Anda. Untuk Anda yang kekurangan tempat untuk meletakkan dekorasi ruangan, pasanglah rak yang menempel pada dinding ruangan. Anda juga dapat meletakkan berbagai pajangan di atasnya tanpa harus memakan tempat lainnya di kamar Anda. Besarnya rak dinding ini bisa disesuaikan dengan luas ukuran kamar Anda ya. 

3. Selotip Warna-warni dan Berpola

dekorasi kamar ukura kecil

Coba Anda pakai tip yang satu ini.

Hanya dengan menyediakan selotip berbagai warna, Anda bisa mengubah tampilan kamar sederhana menjadi terlihat menjadi menakjubkan.

Kini sudah banyak kreasi selotip berbagai pola dan warna ini bisa Anda manfaatkan sebagai dekorasi kamar ukuran kecil ini. Jika Anda memiliki foto atau gambar lucu yang ingin Anda jadikan dekorasi kamar kos pada bagian dinding, selotip warna-warni ini bisa melengkapi dekorasi kamar kos dengan menggantikan fungsi bingkai foto. 

Masih sulit menemukan selotip warna yang berpola dan ukuran yang sesuai? Anda bisa menggunakan pita sebagai alternatif untuk dekorasi kamar kos, ya.

4. Menyediakan Tempat Penyimpanan

dekorasi kamar ukuran kecil

Karena keterbatasan ruangan, maka dari itu barang harus disimpan tersendiri dalam tempat atau kotak penyimpanan. Meletakkan barang sembarangan akan membuat ruangan kos Anda sangat sempit dan menjadikan ruangan terlihat kurang menarik.

Untuk itu, Anda bisa membeli tempat penyimpanan dengan desain yang unik. Jika membeli tempat penyimpanan sangatlah menguras uang Anda, yang bisa Anda lakukan adalah membuat tempat penyimpanan dengan kotak kardus bekas. Anda bisa membungkus luar kardus bekas tersebut dengan kertas kado pilihan Anda. Ini cocok untuk dekorasi kamar ukuran kecil Anda agar terlihat lebih menarik.

Apakah Anda ingin mengemas barang di kamar tetapi kekurangan tempat untuk meletakkan kotak penyimpanan? Solusinya adalah pilih bangku ottoman dengan desain dekoratif. Pilih bangku yang memiliki ruang pada bagian dalamnya sehingga dapat dijadikan tempat penyimpanan sekaligus tempat duduk.

5. Dekorasi Cermin

dekorasi kamar ukuran kecil
Kamar ukuran kecil dapat disiasati dengan adanya cermin. Karena cermin sendiri dapat memberikan ilusi agar ruangan tampak lebih luas dan besar. Ruang maya yang terlihat melalui cermin ini bisa membuat kamar tidur Anda menjadi semakin luas. Cermin juga bisa Anda gunakan untuk memantulkan cahaya alami dan menjadikan ruangan lebih dinamis.

Namun, saat memilih cermin, pilihlah jenis cermin yang tidak memiliki banyak ornamen di sekitarnya dan jangan lupa pilihlah cermin dengan ukuran yang memanjang.

Selain itu, cermin juga menjadi salah satu properti wajib bagi perempuan untuk melihat penampilan.

6. Lampu Hias

dekorasi kamar ukuran kecil




dekorasi kamar ukuran kecil
Lampu hias merupakan dekorasi yang sangat versatile. Anda bisa memanfaatkan lampu hias untuk membuat “tirai” pada dinding. Dekorasi ruang ukuran kecil ini akan membuat ruangan menjadi cantik dan estetik. Dekorasi seperti ini juga akan memberikan suasana temaram yang sangat tepat dinikmati di penghujung hari setelah lelah beraktivitas.

Salah satu ide menarik yang biasa digunakan oleh banyak anak kost adalah menggabungkan lampu hias dengan foto polaroid. Anda dapat menempelkan foto-foto polaroid favorit pada kabel lampu tersebut.

Jika Anda ingin membangun suasana sendu yang cocok untuk bersantai sambil menonton film, dekorasi kamar ukuran kecil yang satu ini harus masuk ke dalam bucket list Anda!

7. Headboard Unik

dekorasi kamar ukuran kecil
Anda menginginkan kamar tidur minimalis, Anda tidak boleh ketinggalan dengan inspirasi dekorasi kamar tidur ukuran kecil yang satu ini.

Desain kamar tidur bertema minimalis biasanya membutuhkan aksen-aksen unik agar tampilannya tidak terlihat membosankan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengaplikasikan headboard dengan pola unik yang satu ini.

8. Mengganti Gorden

dekorasi kamar ukuran kecil
Biasanya, gorden sudah disediakan di kamar kos. Namun, gorden yang disediakan pasti memiliki tampilan yang biasa-biasa saja. Mengganti gorden di kamar, suasana ruangan bisa berubah dengan sangat signifikan.

Anda bisa menggunakan gorden berdesain dekoratif. Desain gorden ini dapat Anda sesuaikan dengan selera dan tema ruangan. Misalnya, Anda dapat menggunakan gorden roller blind yang cocok untuk tema ruangan minimalis atau gorden bermotif yang dapat memperindah penampilan ruangan.

Untuk mencerahkan kamar, Anda bisa memilih warna-warna lembut. Jika Anda ingin membuat suasana yang lebih bersemangat, pilihlah gorden dengan warna bernada gelap.

Kamar ukuran kecil atau sempit tentu membuat Anda terbatas dalam meletakkan furnitur atau benda apa pun. Namun jangan khawatir, dekorasi kamar ukuran kecil ini bisa ditata secara vertikal, sebab secara psikologis hal ini bisa menciptakan kesan luas dan menghindari kesan sempit.  

Selain itu, pilihlah rak yang tinggi dan ramping untuk dekorasi kamar kecil Anda. Karena akan membuat kamar terkesan lebih luas dan juga ramping.

Setelah memasang semua dekorasi, tentunya suasana kamar akan berubah dengan signifikan, bukan?

Nah, untuk memastikan agar suasana kamar tetap nyaman dan rapi, Anda harus mengetahui kebiasaan yang harus ditinggalkan di dalam kamar, seperti:

  • Tidak langsung membuang sampah bekas makanan
  • Lupa membersihkan kamar tidur
  • Membiarkan rambut berserakan di lantai
  • Lupa membuka jendela kamar
  • Menyimpan handuk basah di kamar
  • Membiarkan peralatan makan yang kotor dalam waktu lama

Anda sudah menemukan dekorasi kamar ukuran kecil yang paling pas? Yuk, segera wujudkan kamar kos yang lebih nyaman dengan dekorasi yang pas.

Dekorasi  kamar ukuran kecil di atas nggak cuma keren dan fungsional tapi juga nggak akan membuat kantong Anda menipis. Anda juga bisa mulai berkreasi dari barang-barang bekas yang sudahtidak terpakai atau memanfaatkan material-material lainnya yang bisa Anda temukan dengan mudah.

Semoga mengispirasi!


No comments

Powered by Blogger.