Ini Dia Daftar Tanaman yang Bisa Ditanam di Apartemen!

Ini Dia Daftar Tanaman yang Bisa Ditanam di Apartemen!


MYBIGPROPERTY.COM - Ingin mulai bertanam namun tidak punya lahan karena tinggal di apartemen? Jangan khawatir, berikut ini ada daftar tanaman yang dengan mudah bisa Anda tanam di apartemen! Apa saja?

Tanaman yang Mudah Ditanam dalam Apartemen

1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang akhir-akhir ini sangat populer karena kegunaannya yang beraneka ragam. Tanaman ini berguna untuk kecantikan, sifatnya yang dingin dan menenangkan sangat cocok digunakan untuk masker wajah. Lidah buaya juga bahkan berguna untuk mengatasi ketombe di rambut. 

Tidak banyak yang tahu bahwa lidah buaya sangat mudah ditanam dan minim perawatan. Ia hanya membutuhkan sinar matahari yang cukup dan sedikit air. Letakkan lidah buaya di tempat yang sering terkena sinar matahari, dan siram sedikit dengan air setiap dua hari sekali agar akarnya tetap sehat. 

2. Sukulen

Sukulen berada dalam satu famili dengan kaktus, sehingga ia tidak membutuhkan banyak air untuk bertahan hidup. Sukulen memiliki banyak sekali variasi bentuk dan warna, sehingga akan terlihat sangat indah jika Anda menanamnya di apartemen untuk menghidupkan suasana. 

Tanaman ini tidak perlu sering disiram, cukup satu minggu sekali dengan sedikit saja air. Jika tanahnya terlihat masih cukup lembab, Anda tidak perlu menyiramnya, atau akarnya malah akan membusuk.

3. Aglonema

Tanaman lain yang bisa ditanam secara indoor adalah aglonema. Di Indonesia, tanaman ini sering disebut sebagai tanaman sri rezeki yang memiliki banyak jenis varian warna. Ciri khas aglonema adalah warna daun yang berbeda dengan tulang daun.

Ada banyak jenis aglonema yang dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko tanaman langganan, yang popular adalah aglonema dengan tulang daun berwarna merah atau pink, namun tidak jarang yang menyukai aglonema silver di mana bercak daunnya berwarna putih.

Aglonema tidak menyukai sinar matahari yang terlalu terik, cukup tempatkan ia di tempat yang teduh dan terlindung. Jangan lupa untuk menyiramnya setiap tiga hari sekali, ya!

4. Monstera

Tanaman dengan ciri khas daun berlubang-lubang ini akan sukses mneghadirkan suasana tropis di dalam apartemen! Bentuk daun yang besar akan sukses mencuri perhatian dan membuat apartemen Anda yang biasanya sepi akan tampak lebih hidup dan asri. 

Monstera juga merupakan kategori tanaman yang minim perawatan, ia tidak butuh sinar matahari, dan bahkan dapat bertahan hidup dalam ruangan ber-AC. Sangat cocok bukan untuk ditanam di apartemen?

5. Lidah mertua

Dengan nama latin sansiviera, tanaman lidah mertua menjadi salah satu tanaman primadona bagi pecinta tanaman indoor. Tanaman ini dipercaya mampu menyerap polutan di ruangan, dan membuat udara jadi lebih berkualitas, lho!  

Lidah mertua juga memiliki bentuk yang unik, dengan batang-daun yang tumbuh tegak memanjang dengan ujung yang runcing. Sedap dipandang, dan bermanfaat!

6. Lavendel

Tanaman berbunga ungu yang sangat cantik ini sangat cocok ditanam di apartemen. Selain bentuknya yang indah, lavendel juga berguna untuk mengusir nyamuk, dan aromanya yang lembut menenangkan akan membuat ruangan apartemen jadi lebih nyaman. 

Sebelum memutuskan memiliki lavender, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu cara membedakan tanaman lavender yang asli dengan yang palsu. Karena sekarang ini yang banyak beredar di marketplace adalah tanaman yang mirip dengan lavender, namun tidak memiliki manfaat dan aroma seperti lavender yang asli. 

7. Rubber plant / karet merah / karet kebo

Tanaman karet kebo memiliki bentuk daun bundar tebal yang sangat unik. Bentuk daun yang menggemaskan inilah menjadikan tanaman ini menjadi tanaman hias yang banyak penggemarnya. Akar karet kebo atau karet merah bahkan memiliki banyak manfaat seperti melancarkan peredaran darah, mengobati asma, sampai mengobati keputihan. 

Sementara tanaman ini juga dikenal merupakan tanaman anti polutan yang bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Tidak perlu khawatir dalam perawatan tanaman ini, karena karet kebo tdak membutuhkan banyak sinar matahari dan air. Namun, jadwalkan untuk menjemurnya secara berkala agar tidak layu.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam di apartemen, apakah Anda tertarik mencobanya? 

Tinggal di apartemen bukan berarti tidak bisa berkebun, kan? Asal kita mau merawat dengan benar dan memberikan perhatian yang cukup, maka tanaman-tanama di dalam apartemen pun akan tumbuh subur sehingga apartemen Anda pun terasa lebih hijau dan asri. Tanaman mana yang paling menarik perhatian Anda? 

No comments

Powered by Blogger.