Mengubah Furniture Lama Jadi Baru dengan Gaya Shabby Chic

Mengubah Furniture Lama Jadi Baru dengan Gaya Shabby Chic


MYBIGPROPERTY.COM - Gaya shabby chic akhir-akhir ini sedang menjadi tren di mana-mana. Gaya interior yang kental dengan nuansa rustik ini pun digemari karena dinilai lebih terjangkau dibanding gaya interior lain yang bisa menguras kantong. Kita bahkan bisa berhemat merombak ulang perabotan lama menjadi gaya shabby tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Shabby chic terinpsirasi dari gaya rumah-rumah pedesaan di Inggris pada tahun 1900-an, yang furniture-nya biasanya usang dan lusuh karena rendahnya daya ekonomi masyarakat kala itu.

Namun seiring perkembangan zaman, gaya shabby chic yang berciri khas warna-warna lembut, seperti putih, biru muda, turquoise, atau merah muda, itu malah menjadi tren baru yang membuat banyak orang berlomba-lomba ingin mendekorasi rumahnya dengan gaya shabby. 

Bagi sebagian orang yang mampu secara finansial, mereka dengan mudah bisa membeli barang-barang bergaya antik itu dengan harga yang melambung tinggi dibandingkan dengan furniture biasa. 

Lalu bagaimana jika Anda ingin membuat dekorasi rumah menjadi gaya shabby chic namun tidak punya bujet berlebih?

Jangan khawatir, jika Anda ingin membuat rumah atau ruangan menjadi memiliki gaya shabby chic yang cantik dan elegan, tidak perlu tergesa-gesa membeli furniture baru. Karena Anda bisa mencoba mengecat ulang beberapa furniture yang sudah ada di rumah dengan beberapa tips di bawah ini! Yuk!

Ubah Furniture Lama Menjadi Gaya Shabby Chic

1. Persiapkan furniture yang ingin dicat ulang 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengecat ulang furniture adalah pindahkan ke tempat terbuka!

Jangan mengecat di dalam ruangan tertutup karena aroma cat bisa mengganggu pernapasan. Setelah barang sudah dipindahkan ke area terbuka, jangan lupa memberi alas di bawahnya, ya! Hal ini bertujuan agar cat tidak menciprat ke mana-mana.

Jika Anda mau mengecat sesuatu yang ada lacinya, misalnya nakas atau meja rias yang ada lacinya, keluarkan dulu semua laci yang ada. Anda bisa meletakkannya di tempat terpisah. 

Setelah semua beres, Anda bisa mulai mengamplas permukaan furniture tersebut untuk mengikis lapisan cat yang sudah ada sebelumnya. Hal ini juga bertujuan agar cat bisa menempel dengan mudah. 

2. Mulai mengecat

Anda harus menyiapkan dua tingkatan warna cat untuk mendapatkan hasil terbaik. Jadi, misalkan ingin warna turquoise, siapkan cat warna biru gelap untuk dasar dan warna turquoise terang untuk pengaplikasian selanjutnya. 

Pertama, lapisi furniture dengan cat yang ada menggunakan kuas, cukup sekali sapu dan tipis saja, jangan sampai menutupi serat yang ada. Setelahnya, diamkan selama 24 jam. Anda juga bisa menegcat laci yang sudah dikeluarkan secara terpisah. 

Ingat, cukup satu layer tipis saja, ya!

Kemudian setelah 24 jam, Anda bisa mencampur air dengan cat yang lebih terang. Disarankan menggunakan cat lateks yang berbahan dasar air agar lebih mudah diaplikasikan. Jumlah cat bisa disesuaikan dengan besarnya barang yang sedang dicat. 

Setelah tercampur, Anda bisa mengecat di atas lapisan cat pertama. Seka dengan handuk atau kertas pada bagian-bagian yang ingin terlihat “usang.” Anda juga bisa menggunakan amplas untuk efek yang lebih rusty. Diamkan lagi selama 24 jam. 

Perlu kesabaran untuk mendapatkan barang bagus yang sesuai keinginan, so keep going!

3.Whitewashing / melabur 

Setelah kering benar, Anda bisa melabur furniture tersebut dengan menggunakan cat lateks berwarna putih yang dicampur dengan air. Cat lateks sangat cocok digunakan untuk melabur karena berbahan dasar air. Sehingga lebih aman dan cepat kering. 

Anda bisa menggunakan roller agar proses melabur jadi lebih cepat. Jika tidak tersedia, gunakan kuas besar yang harganya relatif lebih terjangkau. Pastikan semua bagian terlapisi dengan sempurna. 

Jangan lupakan semua laci-laci yang sudah dicat kemarin, anda bisa melaburnya sekarang juga. 
Kemudian, sebagai langkah terakhir, sebelum cat labur mengering, gunakan spons untuk menyeka lapisan cat untuk menghasilkan guratan yang diinginkan.  Seka dengan arah yang berlawanan dari saat mengecatnya untuk lebih menampilkan guratan di permukaan furniture. 

Setelah itu, diamkan lagi selama 24 jam. 

Voila! Furnitur lama Anda pun tak lagi terlihat membosankan, dengan gaya shabby chic barunya! 

Anda tinggal menambahkan sentuhan manis bernuansa floral untuk melengkapinya. Tambahkan vas bunga segar atau taplak bermotif bunga untuk membuat nuansa shabby jadi lebih kental. 

Tertarik mencoba? (adelliarosa)

No comments

Powered by Blogger.