Gerah? 5 Tanaman di Kebun ini Bisa Mengusir Lembap Lo!

Tanaman pengusir lembap


MYBIGPROPERTY.COM - Indonesia adalah negara yang terletak di garis khatulistiwa, sehingga memiliki iklim tropis yang ditandai dengan kelembapan udara dan suhu yang tinggi. Kita mendapatkan sinar matahari yang secara penuh sepanjang tahun, sehingga menyebabkan uap air di udara Indonesia sangat tinggi, begitu pula curah hujannya.

Nah, tidak heran kalau kita sehari-hari menjadi gampang merasa gerah karenanya. 

Hal ini dikarenakan tingginya uap air yang ada di sekitar kita, sehingga membuat keringat tidak mudah menguap, karena uap air di udara sudah cukup banyak. Salah satu menyiasatinya adalah dengan memakai kipas angin untuk mengusir udara panas, menyalakan AC untuk mengusir kelembapan udara yang terlalu tinggi. 

Namun kedua langkah tersebut dirasa tidak bisa dilakukan secara terus menerus karena ada efek negatif kipas angin apabila digunakan secara terus menerus, antara lain bisa menyebabkan masalah kesehatan karena mulut dan tenggorokan yang menjadi kering. Belum lagi debu yang diedarkan oleh kipas angin bisa memicu masalah kesehatan yang serius bagi para pengidap alergi.

Sedangkan untuk AC (air conditioner) juga tidak mungkin dinyalakan terus menerus, satu, lumayan menyedot listrik (Anda tak mau kan tagihan listrik menjadi berkali lipat karena pemakaian yang berlebihan?), serta isu pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan freon pada AC yang tidak bijaksana. 

Sebenarnya ada, lho, alternatif lain untuk mengurangi kelembapan udara sehingga tubuh tidak lagi terasa gerah, yakni letakkan tanaman yang bisa mengusir lembap. 

Memang ada? Dilansir dari situs Popsugar, kami sudah merangkumkan untuk Anda jenis-jenis tanaman yang bisa mengusir udara lembap. Penasaran?

5 Tanaman di Kebun Pengusir Lembap

1. Spanish Moss/Tillandsia Moss

Tanaman pengusir lembap: Spanish Moss

Tanaman tillandsia ini merupakan airplant yang tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya. Ciri khas dari tanaman ini adalah ia menjuntai seperti jenggot yang panjang sehingga kerap kali disebut juga tanaman jenggot dewa. 

Perawatannya juga tidak rumit, Anda tinggal menggantung saja tanaman ini di dalam ruangan karena ia tak membutuhkan pasokan sinar matahari. Spanish moss tidak membutuhkan banyak air, Anda tinggal menyemprotnya saja jika daunnya sudah tampak kering.

Selain mengusir udara lembap, tilansia juga disinyalir mampu memurnikan udara karena ia bisa menghasilkan oksigen dalam jumlah yang banyak, lho!

2. Lili paris/spider plant 

Tanaman pengusir lembap: spider plant

Tanaman cantik ini sangat mudah dirawat, bahkan bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman apa pun soal menanam sesuatu. 

Selain mudah dirawat, spider plant juga bisa menghilangkan 90% polutan berbahaya di udara sekitarnya, sehingga udara menjadi lebih murni. Lili paris merupakan tanaman terampuh yang bisa Gmengusir kelembapan udara. antung ia di tempat-tempat yang terasa paling lembap, dan rasakan bedanya.

3. Peace Lily

Tanaman pengusir lembap: Peace Lily

Selain bentuknya yang luar biasa cantik, peace lily ini juga tidak main-main manfaatnya. Ia bisa memurnikan udara di sekitar dengan menyerap spora jamur di udara sehingga Anda bisa meletakkannya di tempat-tempat lembap. 

Peace lily juga menghambat pertumbuhan jamur di dinding, dan meningkatkan kualitas udara sehingga Anda bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. 

4. Anggrek

Tanaman pengusir lembap: Anggrek

Meskipun dikenal sedikit rewel dan membutuhkan perhatian ekstra saat merawatnya, tanaman anggrek tidak bisa disangkal keindahannya. Tidak hanya sedap dipandang, namun anggrek ternyata juga bisa mereduksi racun di udara, lho! 

Selain itu, bunga unik ini juga bisa digunakan sebagai pewangi ruangan alami. Kehadirannya didalam rumah juga akan menambah semarak suasana. Tapi, jangan lupa ia juga butuh sinar matahari, ya! Jemur sesekali di bawah matahari pagi jika Anda meletakkan tanaman anggrek secara indoor.  

5. Pakis boston

Tanaman pengusir lembap: Pakis boston

Satu lagi tanaman yang dikenal ampuh dalam membersihkan udara dan mengusir kelembapan di dalam ruangan. Ya, pakis boston juga merupakan tanaman populer yang dikenal ampuh mengusir humidity, sehingga menjadikan ruangan terasa lebih dingin dan segar. 

Selain itu, tampilannya yang unik menjadikan pakis boston sebagai salah satu tanaman indoor yang paling diminati.

Apakah daftar tanaman yang sudah disebutkan di atas sudah ada di rumah Anda? Ataukah justru sudah menjadi daftar tanaman favorit di rumah? Lalu, apakah Anda setuju dengan ulasan mengenai jenis-jenis tanaman yang bisa mengusir udara lembap? 

Ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar, ya! (adelliarosa)

No comments

Powered by Blogger.