Agar Tanaman Hias di Meja Tetap Segar, Lakukan Perawatan Ini!

Agar Tanaman Hias di Meja Tetap Segar, Lakukan Perawatan Ini!


MYBIGPROPERTY.COM - Tahukah Anda? Menurut Jurnal Antropologi Fisiologis tahun 2015, solusi stres akibat pekerjaan ternyata mudah saja dan sederhana. Jurnal ini menyebutkan, interaksi dengan tanaman hias di meja kerja dapat mengatasi stres yang dialami oleh kita, para pekerja. 

Wah, siapa sangka tanaman hias di meja kerja yang tidak hanya sedap dipandang, ternyata juga memiliki manfaat positif bagi psikologis? 

Ya, Anda pasti tak bisa memungkiri juga, bahwa bekerja terkadang benar-benar melelahkan. Tekanan pekerjaan yang datang silih berganti setiap hari dengan mudah akan membuat tubuh stres. Jika sudah begini, tentu performa kita menjadi tidak maksimal. Jangan-jangan, Anda pun sedang mengalami hal serupa sekarang ini?

Well, kalau begitu, coba deh, letakkan tanaman indoor di atas meja kerja Anda.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menanam sesuatu dan meletakkannya di meja kerja, ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga tanaman itu tetap hidup dan segar. Karena, sia-sia saja, kan, kalau sudah berniat menanam sesuatu tetapi pada akhirnya dibiarkan layu? 

Yuk, cermati dulu tip-tip menjaga tanaman hias di meja kerja agar tetap segar berikut

1.Pilih tanaman yang tepat

Tidak semua tanaman cocok tumbuh di dalam ruangan. Apalagi kubikel kantor yang sangat minim cahaya matahari. 

Anda harus memilih tanaman hias yang tepat untuk diletakkan di meja, karena jika salah pilih, tanaman Anda bisa berakhir layu dan mati. 

Beberapa tanaman indoor yang sering direkomendasikan oleh para ahli kebun antara lain dracaena, philodendron, serta berbagai jenis sukulen

Namun, dracaena sepertinya kurang cocok sih untuk ditaruh di meja, karena ukurannya cenderung besar. Namun, jika Anda ingin meletakkannya di sudut kubikel, nah, tanaman ini cocok, karena dia tidak membutuhkan banyak sinar. 

Jenis philondendron bisa digunakan sebagai pilihan juga, karena bentuknya yang cantik dan warna hijaunya sungguh menyegarkan mata. Namun jika menyukai jenis tanaman yang unik, Anda bisa mencoba menanam jenis tanaman terakhir, sukulen. 

Sukulen adalah jenis tanaman kaktus hias yang memiliki banyak penggemar, karena selain mudah ditanam dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Sukulen memiliki banyak variasi, dan semuanya sangat cantik!

2.Air dan sinar matahari yang seimbang

Meskipun jenis tanaman dalam ruangan tidak membutuhkan banyak sinar matahari, tetapi Anda juga harus tetap menjemurnya sesekali. 

Anda juga harus menyiram tanaman tersebut beberapa hari sekali. Jangan terlalu banyak menyiramkan air pada tanaman hias di meja, karena malah bisa membuat akarnya membusuk, serta genangan airnya bisa mengotori meja kerja Anda.  

3.Pastikan pot berlubang di dasarnya

Pot yang tidak memiliki lubang di dasarnya akan membuat akar tanaman membusuk, karena pada dasarnya, air yang disiramkan akan menggenang. 

Pastikan ada alas di bawah pot tanaman agar sisa air yang tidak diserap tanah bisa mengalir keluar. Namun, harus segera dibuang juga. Karena, kalau tidak, ini sama saja membiarkan tanah di dalam pot tergenang air secara terus menerus. 

Selain itu, air yang tergenang membuat tampilan tanaman indoor Anda tidak lagi estetik. Anda harus membuang kelebihan air itu dan menjaga meja tetap kering, karena ingat, pekerjaan adalah hal utama jangan sampai performa kerja terganggu akibat air yang banjir dari alas pot tanaman. 

4.Ganti pot

Jika tanaman sudah terlihat terlalu besar, saat pot terlihat mulai pecah atau retak, atau ketika tanahnya terlihat terus menerus basah meskiAanda sudah lama tidak menyiramnya. Yes, inilah saatnya Anda mengganti pot lama dengan yang baru. 

Anda bisa memilih pot baru yang cantik, atau mencoba membuat terrarium dari kaca untuk menyusun sukulen-sukulen cantik kesayangan. Hati-hati jika memutuskan untuk mengganti pot di kantor, ya! Salah-salah, malah membuat meja kerja Anda berantakan dan penuh tanah!

5.Jangan lupakan tanaman hias di meja ketika mengambil cuti!

Merawat tanaman bisa menjadi “pelarian” yang mudah saat merasa jenuh dengan pekerjaan. Tampilan visual yang estetik juga bisa membuat pikiran kembali segar.

Sebab itu, ketika Anda mengambil cuti, jangan lupakan bahwa di meja Anda ada tanaman hias yang juga butuh dirawat dengan baik. 

Anda bisa mempertimbangkan untuk membawanya pulang, atau jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, Anda masih bisa meminta bantuan office boy/girl untuk tetap memperhatikan tanaman tersebut.

Nah, setelah mengetahui tip-tip di atas, apakah Anda tertarik mencoba untuk memiliki tanaman hias di meja kantor? (adelliarosa)

No comments

Powered by Blogger.