Sewa atau Beli Rumah? Ini dia 3 Kelebihan dari Masing-masingnya

Sewa atau Beli Rumah? Ini dia 3 Kelebihan dari Masing-masingnya


MYBIGPROPERTY.COM - Apakah Anda sekarang sedang mempertimbangkan apakah lebih baik sewa atau beli rumah?

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah papan, yang artinya adalah rumah sebagai tempat berlindung. Dikatakan kebutuhan pokok, karena pada dasarnya secara naluriah manusia butuh perlindungan. Sudah sejak zaman nenek moyang, kita diajarkan untuk membangun tempat yang kemudian disebut rumah itu. Bisa di tanah, di dalam gua, mapun di atas pohon, yang pasti ada lantai untuk berpijak dan ada atap untuk menaungi.

Lalu dengan semakin berkembangnya zaman, rumah pun mengalami banyak perubahan dan modifikasi. Ada rumah yang berubah fungsi menjadi sekadar singgahan atau vila, ada rumah yang sekaligus kantor atau tempat jualan. Namun demikian dengan seiring bertumbuhnya populasi, lahan untuk membuat rumah pun berkurang. Menyiasati itu, sekarang ini lebih banyak digiatkan pembangunan rumah yang vertikal alias menjulang ke atas, demi mengakomodasi penduduk yang bertambah padat.

Nah, karena lahan yang semakin sempit, maka harga rumah pun melangit. Di sisi lain, ada beragam apartemen yang menarik untuk disewa.

Jadi bagaimana, lebih baik sewa atau beli rumah? Anda harus pandai-pandai mempertimbangkannya dengan 3 kelebihan dari masing-masing pilihan tersebut di bawah ini, ya!

Kelebihan sewa rumah

1. Terjangkau

Yup, tentu saja menyewa rumah atau apartemen akan terasa lebih ramah kantong. Anda tinggal memilih pembayaran mana yang cocok, yaitu untuk apartemen bisa bayar tahunan, semesteran, atau bulanan, sedangkan untuk rumah biasanya membayar setahun atau dua tahun sekaligus. 

Walaupun jika dijumlahkan itu totalnya bisa seharga rumah, tapi mengumpulkan uang pangkal untuk membelinya itu cukup susah. Oleh sebab itulah, orang zaman now cenderung suka menyewa, dengan proses pembayaran yang lebih ringan juga praktis.

2. Lebih praktis

Selain karena pilihan pembayaran, transaksi sewa-menyewanya juga praktis tanpa perlu melibatkan banyak pihak, seperti developer, pejabat akta, juga RT RW setempat. Penyewa pun tidak akan direpotkan oleh pajak, karena itu adalah kewajiban pemilik propertinya. 

Suatu saat jika harus pindah pun prosesnya tidak akan sulit. Tinggal angkat koper lalu bebas mencari tempat hunian yang baru, yang lebih strategis dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Bisa patungan

Khususnya untuk yang masih single, sewa rumah atau apartemen akan jauh lebih menyenangkan karena bisa patungan. Harganya bisa ditanggung berdua, dan jadi punya teman. 

Tidak tinggal bersama orang tua dan menyewa rumah juga membuat kita lebih mandiri, loh. Apalagi jika pekerjaannya menuntut kita hijrah ke luar kota atau bahkan pulau, di mana segala sesuatu di rumah akan menjadi tanggung jawab sendiri.


Kelebihan beli rumah

1. Punya properti

Yang artinya adalah berinvestasi. Membeli rumah berarti memiliki lahan yang ada harga jualnya. Apalagi harga tanah semakin hari semakin mahal, jadi punya properti itu adalah sebuah investasi yang tidak akan merugikan. 

Anda bisa mengunjungi Dinas Tata Kota terlebih dulu sebelum membeli rumah, untuk melihat daerah mana yang sekiranya akan dikembangkan. Berbekal pengetahuan itu, kita bisa membeli rumah di tempat yang nantinya akan semakin tinggi nilainya.

2. Hati lebih tenang

Dan tidak ada yang lebih membuat hati tenang daripada semua kebutuhan pokok yaitu pangan, sandang dan papan terpenuhi. 

Menyewa rumah atau apartemen memang menyenangkan, tapi memiliki sendiri satu buah tentu akan lebih menenangkan. Masalah seperti rumah kontrakan tiba-tiba akan dipakai pemiliknya, misalnya, tidak akan lagi dialami.

3. Dekorasi dan renovasi

Hal yang paling menyenangkan dari memiliki sendiri properti adalah tentang dekorasi dan renovasinya. Kita akan merasa bebas saja membongkar ruangan dan menyulapnya jadi lebih nyaman, kemudian menghiasinya sesuai kepribadian.

Desain rumah minimalis atau klasik bisa diaplikasikan, menggantung lukisan atau menempel wallpaper dapat dilaksanakan. Asyik, ya?

Dari semua yang tertulis di atas, semoga Anda bisa memilih dengan lebih bijak, ya. Tentu ada saja plus-minus dari setiap hal, jadi pilihlah yang risikonya lebih mudah ditanggung. 

Selamat hunting rumah atau apartemen, untuk disewa atau dibeli, ya!

No comments

Powered by Blogger.