Di Rumah Saja, Ini Dia 6 Cara Menata Rumah Agar Tetap Teratur

Di Rumah Saja, Ini Dia 6 Cara Menata Rumah Agar Tetap Teratur


MYBIGPROPERTY.COM - Beberapa bulan terakhir ini, kita semua mengalami kondisi ketika kita harus berdiam di rumah saja demi segera putusnya rantai penyebaran penyakit. Namun, siapa bilang dengan adanya anjuran di rumah saja, rumah yang kita tempati jadi semakin terjaga kebersihannya? 

Justru kebanyakan yang terjadi, ketika semua anggota keluarga berada di rumah saja, tempat tinggal bisa lebih mudah berantakan dan acak-acakan. Karena semua orang di rumah mengerjakan segala sesuatu, rumah menjadi terus menerus terliht kotor dan berantakan. 

Kalau sudah begini, tentu stres akan melanda melihat segala sesuatu yang tidak berada di tempatnya. Belum lagi capeknya membersihkan rumah setiap saat. Ditambah dengan pekerjaan dari kantor selama kerja dari rumah, juga menumpuk untuk menunggu diselesaikan. 

Duh, ada solusinya tidak, ya? 

Jangan khawatir, kita simak tip-tip berikut untuk menjaga rumah tetap rapi selama di rumah saja, yuk!

1. Membuat tempat kerja khusus

Jika Anda harus bekerja di rumah, silakan mencoba membuat tempat yang khusus digunakan untuk bekerja. 

Di ruangan ini, Anda bisa meletakkkan laptop dan keperluan kerja lainnya. Ruang kerja khusus ini bisa di mana saja, tidak perlu membangun ruanagn baru. karena di rumah, kita bisa secara fleksibel menggunakan sudut ruangan yang kosong, ruang keluarga, atau di kamar. 

Pastikan tempat bekerja ini bebas dari gangguan aktivitas keluarga lainnya agar pekerjaan tidak terganggu. Sebelum melakukannya, ada baiknya mendiskusikan dengan keluarga yang lain agar tidak terjadi salah persepsi.

2. Mengatur perlengkapan sekolah anak

Selama pandemi, anak-anak tidak diperbolehkan masuk sekolah. Seperti halnya bekerja dari rumah, anak usia TK sampai perguruan tinggi diharuskan mengikuti sekolah secara daring di rumah saja. Hal ini dengan mudah akan membuat rumah berantakan karena setiap hari mereka akan diberikan tugas-tugas pelajaran. 

Untuk menyiasati hal tersebut, mulailah mengatur kebutuhan sekolah mereka pada satu tempat khusus. Anda bisa mencoba menggunakan container tertutup untuk menyimpan buku dan alat tulis. Pisahkan anatar buku dan alat tulis. Sediakan juga tempat untuk menyimpan perlengkapan kerajinan tangan mereka seperti gunting, lem, dan kertas lipat. 

Kemudian, ajarkan mereka merapikan barang-barang setiap selesai digunakan. Dengan membiasakan setiap hari, perlahan-lahan akan tumbuh kedisiplinan dalam diri anak-anak dalam menjaga dan membereskan sendiri barang-barangnya. 

3. Merapikan dapur

Salah satu tempat yang paling rawan berantakan ketika berada di rumah saja adalah dapur, di mana proses menyiapkan dan memasak makanan berada.

Anda bisa mulai membersihkan dapur dengan mengelompokkan jenis-jenis makanan, dan membuang makanan yang sudah terlalu lama dan berubah bentuk. Dapur yang tertata akan lebih mempermudah menemukan segala sesuatu yang diperlukan.

Hal ini juga membantu kita untuk menentukan barang apa saja yang kelak harus dibeli untuk melengkapi isi dapur. Jadi, sewaktu-waktu ingin memasak sesuatu, segala yang dibutuhkan telah tersedia. 

Anda bisa mengumpulkan mi dengan mi, makanan kaleng dengan makanan kaleng, biji-bijian jangan dicampur dengan bumbu, dan seterusnya. Jangan ragu untuk membuang makanan kaleng jika wadahnya sudah penyok, atau karatan, karena dikhawatirkan memerngaruhi isi di dalamnya. 

4. Bersihkan meja makan setelah makan malam

Banyak orang mengaku hidupnya lebih tenang di pagi hari mengetahui dapur dan ruang makan dalam keadaan bersih. Tidak ada salahnya langsung membersihkan meja dan piring kotor setelah kegiatan makan dilakukan. 

Namun ada beberapa keluarga yang mengaku sangat kewalahan jika haris membersihkan dapur dan ruang makans setiap kali selesai makan. 

Jika hal ini yang Anda alami, Anda bisa membersihkannya di waktu selesai makan malam, agar pagi harinya tidak ada pekerjaan rumah yang tersisa. Anda tinggal menyiapkan sarapan dan melanjutkan pekerjaan lainnya. 

5. Rapikan tempat tidur

Jika kita membiarkan tempat tidur berantakan sebelum tidur malam, hal ini akan membuat kualitas tidur menjadi berkurang, karena rasa tidak nyaman. Sebaiknya, sebelum beranjak tidur, Anda bisa merapikan sprei pada kasur, melipat selimut, dan menata bantal dengan rapi. 

Tidur jadi lebih nyenyak dan saat bangun pagi pun ada perasaan senang karena melihat segala sesuatunya telah tersusun rapi di tempatnya. 

Berbagai tantangan memang harus kita hadapi selama di rumah saja, namun, jika kita mengerjakannya dengan senang hati, semua akan terasa lebih mudah. 

Selamat mencoba! (adelliarosa)

No comments

Powered by Blogger.