Ingin Merenovasi Dapur? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Penting Ini!



MYBIGPROPERTY.COM - Dapur adalah satu ruangan khusus di dalam rumah yang perlu ada. Ia bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk melakukan kegiatan, atau justru membuat bosan dan malas memasak. Jika Anda sudah merasa bosan dan malas memasak, bisa jadi itu disebabkan oleh suasana dapur yang kurang mendukung. Hmmm, terpikir untuk merenovasi dapur? Yuk!

Tapi, renovasi adalah sebuah usaha perbaikan yang perlu totalitas, baik dari segi keuangan juga pengerjaan. Tidak bisa main-main, karena menuntut hasil yang berbeda demi meningkatkan kualitas sang ruangan. 

Untuk itu, sebelum merenovasi dapur, jawab dulu 5 pertanyaan penting berikut ini!


1. Apa makna dapur untuk Anda?

Bagi sebagian orang, dapur adalah tempat memasak dan menyiapkan makanan. Hanya ada kompor dan meja dapur, alat-alat masak, juga kulkas dan tempat cuci piring di sana. 

Ada 2 alasan mengapa demikian. Yang pertama menganggap dapur itu sakral, sehingga tidak boleh ada kegiatan lain di dalamnya selain memasak. Yang kedua, dapur baginya bukan hal yang terlalu penting karena terbiasa membeli, bahkan makan di luar, sehingga hanya ke sana jika ingin memanaskan makanan.

Bagi sebagian lain, dapur memiliki banyak fungsi. Selain sebagai tempat memasak dan menyiapkan makanan, dapur juga adalah ruang berkumpulnya keluarga. 

Oleh sebab itu, biasanya dapur akan lebih luas karena harus mencakup meja makan bahkan televisi. Di sana, keluarga duduk bersama untuk makan bahkan selagi kegiatan memasak berlangsung. Terkadang, pekerjaan kantor dan sekolah anak-anak pun dikerjakan di meja makan.


2. Berapa luasnya?

Jika sudah dapat menjawab pertanyaan pertama, maka akan muncul pertanyaan kedua mengenai luasnya. 

Kalau dapur hanya sebagai tempat memasak dan menyiapkan makanan, maka tidak perlu terlalu luas. Pikirkan ruangan yang cukup untuk lalu-lalang maksimal 3 orang, kalau-kalau harus memasak banyak dan butuh orang tambahan. Dapur berdaun jendela 1 akan terasa pas untuk aliran udara.

Sedangkan untuk dapur multifungsi, sebaiknya pikirkan ruangan yang cukup besar untuk lalu-lalang minimal 3 orang. Orang-orang tersebut tidak hanya akan memasak, namun juga berativitas lain yang cukup tinggi mobilitas berikut keriuhannya. 

Untuk itu, harus ada tambahan jendela agar tidak terlalu sumpek dan udara terjaga sirkulasinya.


3. Bagaimana layout-nya?

Setelah menentukan besaran ruangan, hal berikutnya adalah mempertanyakan tata ruang. 

Di manakah Anda akan menaruh meja dapur beserta kompor dan lemari penyimpanannya? Di manakah tempat cuci piring juga kulkas? Sebaiknya, jendela ada di balik tempat cuci piring dengan kompor berada sejajar dan tidak berseberangan.

Layout dapur multifungsi akan lebih menantang, karena harus memperhitungkan juga letak meja makan dan aksesorinya. Biasanya, meja makan berada di tengah ruangan, berhadapan dengan meja dapur yang berbentuk U. 

Agar lebih mantap, Anda bisa minta pendapat kepada seorang desainer interior, atau mendiskusikannya lebih lanjut dengan seluruh anggota keluarga.


4. Mau bergaya apa?

Ada banyak gaya interior yang dapat diaplikasikan di dapur. Zaman now dengan lahan perumahan yang tidak besar, gaya minimalis modern akan sangat pas. 

Tapi kalau Anda ingin memiliki dapur berselera Victorian yang klasik dan detail, atau gaya Eklektik yang mix and match juga boleh. Mengenai pewarnaan, biasanya yang suka dengan gaya klasik akan memilih warna-warna alam yang lembut, sedang yang senang dengan gaya ekletik akan berekpresi dengan banyak warna. 

Yang jelas, apa pun gayanya haruslah mementingkan kenyamanan seluruh keluarga.


5. Berapa dananya?

Jika semua pertanyaan di atas sudah terjawab, maka tiba pada hal terakhir dan yang paling penting, yaitu mengenai dana. Berapa pun dana yang Anda sisihkan untuk renovasi dapur, itu artinya harus mampu mencukupi segala kebutuhan tersebut di atas. 

Dapur multifungsi dengan ruangan yang lebih besar, tentu butuh dana yang lebih ketimbang dapur yang didedikasikan hanya untuk memasak. Kalau soal gaya dapur, rasanya bisa memiliki bujet yang setara saja. Yang lebih diperlukan adalah kreativitas Anda dalam memadupadankan isi dapurnya.


Jadi, sudah siap merenovasi dapur dengan menjawab 5 pertanyaannya, kan? 
Selamat bekerja!

Follow akun Instagram @info.rumah.dijual untuk berbagai update dan informasi rumah dan properti di Surabaya dan sekitarnya.

No comments

Powered by Blogger.