8 Benda di Rumah Ini Mengandung Kuman yang Harus Diwaspadai

8 Benda di Rumah Ini Mengandung Kuman yang Harus Diwaspadai


MYBIGPROPERTY.COM - Di masa pandemi COVID-19 ini, ada baiknya kita selalu berhati-hati dan ekstra waspada terhadap kebersihan benda-benda yang ada di rumah kita. Bisa jadi, benda-benda yang setiap hari sering kita sentuh adalah benda mengandung kuman, yang kalau sampai masuk ke dalam tubuh akan berakibat fatal, seperti halnya virus corona.

Apalagi jika di rumah juga ada anak-anak, balita, dan bayi. Harus semakin berhati-hati!

Berikut 8 benda di rumah yang disinyalir penuh mengandung kuman, dan justru biasanya sangat menarik perhatian anak-anak untuk bermain dengannya

1. Mainan anak-anak

Si kecil pastilah sering bertualang di dalam maupun di luar rumah dengan membawa serta mainannya. Hal ini menyebabkan kuman bisa dengan mudah menempel pada mainannya melalui media apa saja; udara, sentuhan tangan anak sehabis memegang benda lain yang kotor, atau bertukar mainan dengan temannya.

Akan lebih baik jika Anda secara teratur membersihkan mainan-mainan tersebut. Apalagi jika baru saja dibawa keluar. Semprot dengan disinfektan, agar mainan yang mengandung kuman bisa steril kembali. Jangan lupa, dilap dulu sampai bersih dan dikeringkan benar-benar sebelum dipakai bermain lagi oleh anak-anak ya.

Untuk anak-anak yang masih suka memasukkan benda-benda ke mulut, akan lebih baik jika Anda lebih ekstra lagi mengawasinya.

2. Tas

Kita sering meletakkan tas di sembarang tempat, seperti di lantai, kendaraan, atau di pojok ruangan. Setelah itu, pasti akan ada kuman yang dengan segera berpindah tempat menempel pada tas kita.

Jangan lupa untuk menyemprot tas dengan disinfektan secara rutin, terutama setelah dipakai pergi keluar rumah. Letakkan tas di tempat atau gantungan khusus yang tidak terjangkau oleh anak dan balita. Cucilah tas secara teratur, agar tidak menjadi sarang kuman.

3. Remote control

Alat ini adalah 'sasaran empuk' segala jenis kuman, kotoran, virus, bakteri, dan sejenisnya untuk berkembang dengan bebas. 

Alat ini juga menjadi favorit anak-anak untuk dimainkan. Banyak tangan kotor menyentuh remote control setiap hari, terutama saat mereka menonton TV di ruang keluarga sambil makan camilan. Hal ini tak pelak membuat remote control barangkali adalah salah satu benda yang paling banyak mengandung kuman.

4. Telepon seluler

Tahukah Anda, telepon seluler alias handphone mengandung 25.000 kuman!

Tak mengherankan sih, sebab ponsel merupakan benda yang paling sering disentuh, namun juga yang paling jarang dibersihkan.

Kalau kuman yang menempel pada ponsel berpindah ke tangan lain--tangan anak-anak, balita, atau bayi--lalu ia memasukkan tangannya ke dalam mulut ... wah ... bisa dipastikan kuman akan berpindah dengan mudah.

Karena itu, bersihkan ponsel secara rutin, kalau perlu sehari dua kali dengan menggunakan cairan beralkohol, agar kuman-kuman tak perlu menginap di situ.

5. Spons cuci

Bila Anda menggunakan spons yang sama ntuk membersihkan beebrapa area yang kotor, itu sama saja artinya dengan menyebarkan kuman.

Lalu, bagaimana seharusnya?
Baiknya, gunakan beberapa spons yang berbeda, misalnya ada spons untuk mencuci piring, spons tersendiri untuk mencuci kaca jendela, dan spons yang lain lagi untuk mencuci kendaraan. Setelah dipergunakan, cucilah spons tersebut sampai bersih agar bisa digunakan kembali. Gantilah spons ini secara teratur. 

6. Teralis jendela

Banyaknya debu yang menempel pada teralis jendela rumah juga bisa memicu alergi lo! Jadi, bersihkanlah teralis ini secara teratur, selain membersihkan juga kaca jendelanya ya.

7. Rak sepatu

Sepatu merupakan salah satu benda yang paling banyak mengandung kuman. Makanya, tak heran, rak sepatu--yang menjadi tempat sepatu-sepatu transit setelah seharian menemani pemiliknya beraktivitas--juga menjadi sarang kuman.

Bersihkan rak sepatu secara teratur. Keluarkan agar terkena udara segar, dan sesekali jemurlah di bawah panas sinar matahari.

Untuk sepatu-sepatunya, cucilah mereka dengan teratur juga ya.

8. Handle atau pegangan pintu

Banyak tangan kotor mampir untuk memegangnya hampir setiap saat. Karena itu, benda ini juga salah satu benda yang paling banyak mengandung kuman.

Semprotkan disinfektan secara teratur, setidaknya dua kali sehari untuk menjaga tempat ini bebas kuman.

Nah, semoga kita semua selalu sehat dengan cara menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita ini ya.

No comments

Powered by Blogger.