Ingin Mendekorasi Rumah Bergaya Mediterania? Perhatikan 5 Hal Ini!



MYBIGPROPERTY.COM - Gaya Mediterania sangat populer di dunia desain rumah, baik interior maupun eksterior. Mengusung keindahan laut Mediterania, desainnya begitu hangat dan menyenangkan. Anda bisa merasakan kehangatan yang menyenangkan itu dalam sekali lihat, jika berada dalam rumah bergaya Mediterania. 

Namun demikian, saat ini jarang sekali ada rumah bergaya seperti itu karena biasanya butuh lahan yang cukup luas. Rumah zaman sekarang yang tidak berlahan besar biasanya lebih nyaman dengan gaya minimalis.

Tapi jangan berkecil hati. Keindahan rumah ala Yunani, Italia, dan Spanyol yang bertempat di tepi laut Mediterania masih dapat dinikmati, kok. Ambil saja satu dari beberapa hal yang menjadi ciri khasnya, dan aplikasikan di sebuah ruangan. Di kamar tidur, misalnya, atau di dapur, tidak usah semua jika luasnya tidak mencukupi. Satu saja sudah cukup untuk dapat menikmati kehangatan lautan indah Mediterania di rumah.

Jadi, apa saja yang bisa diaplikasikan jika ingin mendekorasi rumah dengan gaya Mediterania? Anda bisa mulai dari 5 hal berikut ini!

5 Hal untuk Mendekorasi Rumah Bergaya Mediterania  

1. Jendela dan pintu besar

Jauh berbeda dengan rumah minimalis, dekorasi gaya nterior Mediterania sangat membutuhkan jendela maupun pintu yang besar. Ini tentu saja karena negara-negara yang berada di dekat laut tersebut ingin sepuasnya menikmati pemandangan yang ditawarkan alam. 

Jika Anda bertempat tinggal jauh dari lautan, maka buatlah taman yang cantik agar memiliki alasan untuk memiliki jendela atau pintu yang besar.


2. Cat dinding yang membumi

Hal kedua yang bisa dilakukan untuk dekorasi ala Mediterania adalah warna dinding. Cat yang mewakili warna bumi itu misalnya krem (seperti warna tanah), hijau tosca (seperti warna daun) dan biru (bisa biru muda atau tua, seperti langit atau laut). 

Pilihlah satu di antaranya untuk dinding di sebuah ruangan di dalam rumah yang ingin dibuat bergaya Mediterania. Warna-warna tersebut akan membuat kita merasa berada di alam tanpa harus bepergian.


3. Lantai yang warna-warni

Kalau dindingnya sudah berwarna kalem, maka sebagai penyeimbang, orang-orang di sana mendekorasi rumahnya dengan lantai yang berwarna-warni. Sebenarnya, bangunan-bangunan rumah dulu di negara kita pun banyak yang menggunakan ubin warna cerah dengan motif yang indah. Ubin berbeda dengan keramik dari segi bahan dan proses pembuatan. 

Jika ingin membelinya, Anda bisa mendatangi para produsen pembuat ubin yang masih bisa ditemukan di daerah Jawa. Lantai yang berubin selain lebih menarik karena motif dan warnanya yang unik, juga lebih dingin loh. Cocok untuk perumahan di kota, asalkan Anda pintar memadupadankan corak dengan isi ruangannya.


4. Furnitur yang detail

Gaya Mediterania itu sangatlah antik, dengan furnitur yang kaya akan detail. Anda akan menjumpai banyak sekali sofa berkain beledu, dengan bantal-bantal yang dibungkus brokat atau bisa juga sarung bantal dari burlap. Tidak hanya masalah tempat duduk, tapi hampir seluruh ruangan diisi dengan detail yang artistik.

Tambahkan sebuah cermin besar ala Bohemian di ruang duduk, misalnya, atau lampu meja yang berenda-renda. Yang jelas, Anda tidak akan pernah kekurangan furnitur berdetail indah untuk diboyong ke rumah bergaya Mediterania.


5. Bahan dari Alam

Masih mengusung kedekatan dengan alam, barang-barang untuk rumah gaya Mediterania itu biasanya menggunakan bahan-bahan alam. Misalnya kayu dengan ukiran yang unik, atau bahkan besi yang dipahat cantik. 

Bebatuan alam juga sangat manis untuk dijadikan aksen dinding, dan Anda bisa mengutak-atik batu bata untuk dijadikan rak buku. Ada banyak lagi ide tentang penggunaan bahan alam ini, jadi berekspresi dan berkreasilah untuk semakin mempercantik rumah.

Sekarang, sila pertimbangkan satu-dua ruangan di rumah yang bisa didekorasi ala Mediterania, ya! Dijamin, Anda pasti akan tambah betah di rumah!

No comments

Powered by Blogger.