Trik Gampang Menata Ruang



MYBIGPROPERTY.COM - Banyak yang dapat dilakukan untuk menata ruang hunian baru, maupun yang telah terisi sebelumnya.

Dengan trik yang cermat, ruang apa pun bisa tampil fresh dan gaya.

Ikuti trik menata ruang yang supergampang ini!

1. Menentukan tema

Untuk menata ruang, Anda perlu menentukan tema, konsep, dan gaya yang diinginkan. Anda bisa mencari referensi dari buku, majalah, ataupun hunian orang ain.

Pendekatan lain, dengan melihat ulang furnitur yang telah Anda miliki. Dengan cara ini, Anda bisa memilih apakah furnitur lama bisa dipertahankan atau perlu diganti dengan yang baru.

Perhitungkan pula segi keamanan, kenyamanan, keindahan, kesehatan, ergonomi, hingga komposisinya.


2. Penerangan

Cahaya memberi nyawa dalam interior. Efek cahaya yang ditampilkan memengaruhi kenyamanan dalam ruangan.

Di antaranya jenis lampu (lighting fixture), besaran daya yang digunakan--termasuk yang hemat energi, warna sumber cahaya (kuning, putih, atau warna lain), pemilihan produk hingga penempatan  lighting yang tepat.


3. Furnitur

Furnitur yang sudah ada dapat digunakan lagi sesuai dengan komposisi ruang. Jika ingin gaya berbeda, furnitur dapat di-retouch atau di-refinish sehingga tampilannya berbeda. Atau, Anda bisa membeli furnitur baru sesuai dengan bujet yang dimiliki.

Misalnya, jika ruang yang tadinya pure classic ingin diubah lebih midern, Anda tinggal mengubahnya menjadi modern klasik. Caranya dengan menyortir furnitur yang terlalu berat dan berukir. Jika ingin mengarah gaya modern minimalis dapat mengurangi jumlah furnitur dan menampilkan warna dan corak yang tak terlalu ramai.

Sebaiknya pilihlah furnitur yang praktis dan easy maintenance. Solusi terbaik untuk hunian yang tidak terlalu besar adalah dengan memilih perangkat multifungsi seperti sofabed.


4. Ruang gerak

Skema ruang dibuat efektif dengan memperhitungka flow atau ruang gerak sehingga lebih nyaman ditempati. Selain itu, fungsi ruang diupayakan sesuai dengan kebutuhan. Jangan memaksa sebuah ruangan untuk satu fungsi. Bisa saja sebuah ruang yang cukup besar dibagi menjadi beberapa fungsi.

Ruang panjang dibagi untuk area living room, area jamuan atau meja makan juga fungsi ruang lain. Pembatas atau pembagi ruang akan diperlukan untuk membedakan aktivitas, tetapi tidak harus berupa tembok. Anda bisa membuat peruangan dengan menggunakan tatanan furnitur, atau gelaran karpet, misalnya.

Unsur kenyamanan dan ergonomi jadi pertimbangan utama, selain skema ruang tadi. Sehingga tak berkesan sempit atau membatasi gerak dan lalu lalang orang.


5. Aksesori

Aksesori ruang walau bukan menjadi elemen utama, tapi dibutuhkan untuk menghidupkan suasana. Tak perlu meletakkan aksesori di seluruh sudut ruang. Cukup pilih satu sudut dan jadikan sebagai semacam exhibition corner. Dari patung, lukisan, lampu meja, rangkaian bunga, hingga pigura-pigura foto bisa ditempatkan di sini.

Selain itu, warna dinding dan upholstery (bahan kain) juga perlu diperhatikan agar rumah tetap terasa nyaman dan dapat dinikmati oleh para tamu maupun penghuni.


Nah, mudah bukan, trik menata ruang di rumah kali ini? Selamat mencoba ya!

No comments

Powered by Blogger.