Ingin Memiliki Halaman dengan Banyak Kupu-kupu? Ini Dia 3 Tipnya.



MYBIGPROPERTY.COM - Halaman dengan banyak kupu-kupu tentu saja sangat menyenangkan untuk dipandang. Serangga dengan sayap indah itu memang luar biasa menakjubkan, baik dari segi kecantikan maupun kegunaan.

Anda tentu tahu kan, fungsi dari kupu-kupu?

Kupu-kupu adalah hewan yang sangat membantu kelestarian ekosistem. Semasa hidup, mereka memiliki peran ganda, yaitu sebagai pemangsa dan yang dimangsa, oleh sebab itu mereka menjaga sistem rantai makanan dengan baik.

Serangga menawan itu juga membantu menyerbuki berbagai jenis tanaman bunga, sehingga bisa bertumbuh kembang dengan sempurna. Kupu-kupu bahkan membantu ilmuwan dalam penelitian cuaca loh, karena mereka hewan yang sangat rentan terhadap perubahan iklim.

Yuk, kita buat agar halaman penuh dengan kupu-kupu!


Jika Anda ingin memiliki halaman dengan banyak kupu-kupu, simak 5 tip berikut ini, ya!


1. Halaman terkena cahaya matahari

Sebagai binatang yang tidak mampu mengontrol suhu tubuhnya secara internal, kupu-kupu adalah pemuja setia matahari. Mereka akan dengan rela beterbangan di bawah sinaran mentari kapan pun bisa, demi mendapatkan percikan kehangatan yang membuat mereka dapat beraktivitas dengan baik.

Maka, hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah posisi halaman, yaitu ada di sisi timur atau utara rumah yang terpapar cahaya sepanjang hari.


2. Perhatikan angin

Seperti yang kita ketahui, kupu-kupu adalah hewan yang ringkih. Mereka sangat ringan sehingga mudah saja diterpa angin.

Buatlah pagar pembatas setinggi tanaman-tanaman bunga, jika Anda memiliki halaman yang berhadapan dengan lapangan luas. Itu akan membuat halaman terhindar dari tiupan angin dan kupu-kupu akan berada nyaman di sana.


3. Tanam berbagai macam bunga

Kita tidak akan pernah tahu jenis kupu-kupu apa yang akan mampir ke halaman. Jadi, tanamlah berbagai macam bunga untuk menarik mereka dalam berbagai jenis.

Usahakan membeli bibit bunga dalam aneka warna, seperti merah, jingga, kuning dan ungu yang sangat menarik perhatian kupu-kupu. Anda dapat menanam bebungaan yang lokal saja, mengingat setiap negara memiliki peradaban kupu-kupu yang berbeda.

Tidak hanya masalah warna, Anda juga boleh membeli bibit bunga dalam aneka bentuk. Tanamlah bunga-bunga itu secara berkoloni sesuai jenisnya, agar kupu-kupu memiliki banyak tempat pilihan makanan.

Apalagi, beberapa dari mereka adalah picky eater alias memilih-milih makanan, sehingga kumpulan bunga sejenis akan membantu mereka dalam hal pemetaan.


4. Siapkan tanaman untuk ulat

Jika Anda senang dengan keberadaan kupu-kupu dan ingin agar mereka terus datang ke halaman, maka belilah juga tanaman berdaun untuk tempat mereka bertelur.

Jangan khawatir, ulat-ulat tidak akan terlalu banyak makan sampai menghancurkan tanaman. Mereka hanya makan secukupnya hingga tiba waktunya untuk berhibernasi di dalam kepompong.

Kalau kupu-kupu telanjur suka dengan tempat yang memiliki sumber nektar bagi para dewasa, juga sumber gizi bagi para ulatnya, niscaya Anda akan mempunyai halaman yang menjadi tempat berkembangbiaknya serangga itu.


5. Jangan lupakan air

Ini untuk memfasilitasi kupu-kupu untuk minum air. Layaknya hewan lain, mereka pun butuh kandungan logam dan mineral dalam air.

Untuk itu, siapkan tempat untuk mereka minum, yaitu tanah gembur atau pasir yang lembap. Anda cukup menggemburkan sebidang tanah di halaman atau menaruh sejumput pasir, lalu siram dengan air sehingga tanah atau pasir itu memiliki kandungan air yang cukup untuk dihinggapi kupu-kupu.


Nah, ternyata, tidak sulit ya, untuk membuat halaman menjadi tempat mampirnya para kupu-kupu?

Dengan memiliki halaman yang ada banyak kupu-kupunya, maka Anda sudah ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam, lo.

Selamat mencoba, ya!

No comments

Powered by Blogger.