7 Manfaat Menanam Pohon di Halaman Rumah



MYBIGPROPERTY.COM - Seperti yang sudah banyak diberitakan, bumi tempat tinggal kita satu-satunya ini sedang menderita pemanasan global. Suhu udara yang meningkatlah yang menjadi penyebabnya. Lalu sebagai akibat, bumi bereaksi dengan menggelar beberapa “protes” untuk mengabarkan kepada kita tentang penderitaannya. Gunung-gunung memuntahkan lahar, bongkahan-bongkahan es di kutub mencair, dataran-dataran mulai terendam air laut, binatang-binatang berkeliaran di pemukiman, dan banyak spesies tumbuhan yang menghilang.

Anda pedulikah, akan kenyataan tersebut? Jika ya, mari membantu mengatasinya dengan berbagai cara. 3R, misalnya, yang mengajak kita untuk senantiasa mengurangi, menggunakan kembali, juga mendaur ulang berbagai barang.

Lalu ada imbauan larangan memakai plastik, yang sudah taat dijalanin di beberapa negara, termasuk di Bali, Indonesia. Selain itu, adakah hal lain yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan dan meringankan penderitaan ibu bumi, atau Mother Earth, kita? Ada, yaitu menanam pohon.

Yup, karena menanam pohon itu ibarat berinvestasi pada kehidupan dengan pahala yang tidak terkira jumlahnya, lo! Jadi kalau di rumah ada halaman, segeralah tanami pohon karena ada banyak sekali manfaatnya. 

Yuk, kita simak 7 dari banyak manfaat menanam pohon berikut ini!


1. Penghasil Oksigen

Tahukah Anda, bahwa satu pohon dewasa itu bisa menghasilkan 1,2 kilogram oksigen per harinya?

Karena setiap hari kita menghirup rata-rata 0,5 kilogram oksigen, maka 2 orang manusia akan terjamin napasnya berkat jasa sebuah pohon. Mari hitung-hitungan anggota keluarga, lalu tanamlah pohon separuh dari banyaknya orang di rumah.

Kalau di rumah ada 4 orang, maka 2 batang pohon akan menyediakan O2 yang diperlukan. Gratis.


2. Penangkap Karbondioksida

Selain menghasilkan oksigen, satu pohon dewasa mampu menangkap karbondioksida sebanyak 14 kilogram per tahunnya.

Jika 1 mobil berbahan bakar fosil menghasilkan emisi sebanyak 200 gram per kilometer, maka 14 kilogram hanya mampu menangkap pembakaran bensin atau solar sejauh 70 kilometer saja.

Jadi, berapa kilometer yang Anda tempuh dan berapa banyak gas buang yang dihasilkan setiap harinya?


3. Pencegah Banjir

Akar pohon itu bisa mengikat butiran-butiran tanah di sekitarnya, sehingga tidak mudah berhamburan. Lahan yang tidak memiliki tumbuhan di atasnya maka tanahnya akan mudah terbawa angin.

Selain itu, bagian paling bawah dari tanaman tersebut dapat mengikat air yang terdapat di pori-pori tanah. Dengan demikian, adanya pohon membuat tanah mudah menyerap genangan air.


4. Penyejuk

Tentu saja pepohonan membuat sejuk. Ia menghasilkan oksigen yang menyegarkan dan menangkap karbondioksida yang mengotori udara untuk bernapas.

Tidak hanya itu, pohon yang rindang akan membantu menutupi tanah dari terpaan sinar matahari siang yang menyengat. Ini sebabnya mengapa jalanan yang banyak pohonnya itu terasa sejuk dan teduh karena rimbunnya daun turut melindungi.


5. Sumber Makanan

Tidak hanya manusia, hewan-hewan (terutama yang herbivora) juga menggantungkan nafkahnya pada pepohonan.

Tidak ada pohon berarti tidak ada makanan. Anda yang memilih menjadi vegetarian pun akan kebingungan tanpa protein nabati tetumbuhan.


6. Penghasil Suara Sekaligus Mengurangi Kebisingan

Menurut penelitian Grey dan Deneke di tahun 1978, tumbuhan bertajuk tebal dan daun yang rindang itu bisa meredam suara. Apalagi jika ditanam rapat-rapat dan tersebar merata, maka dijamin lingkungannya tidak akan bising.

Selain itu, beberapa tumbuhan malah dapat menghasilkan suara jika tertiup angin. Pohon bambu dan pinus, misalnya, merupakan 2 jenis tanaman yang daunnya bersiul indah saat bergesekan ditiup angin. Dan, suaranya menenangkan lo!


7. Obat Fisik dan Mental

Sudah bukan rahasia lagi jika tumbuhan adalah penghasil obat yang menyehatkan. Bukan sekadar menyehatkan secara fisik, namun juga mental.

Kalau Anda berada dalam lingkungan yang asri penuh pohon dan bunga, maka secara psikologis akan lebih riang gembira. Jika sedang gundah gulana, maka mendengarkan desiran pohon akan dapat mengurangi kepenatan.


Nah, sudah ada berapa pohon yang tumbuh di halaman?

Dan, tidak hanya di halaman, Anda juga bisa berpartisipasi dalam hal kebaikan dengan menanam pohon di jalanan, lo.

Yuk, turut menjaga kelestarian dan keindahan ibu bumi dengan cara yang satu ini!

No comments

Powered by Blogger.