9 Cara Menyiasati Kamar Mandi Kecil Agar Tetap Cantik



MYBIGPROPERTY.COM - Sekarang ini, luas bangunan rumah itu semakin kecil saja ya?

Pengembang perumahan bahkan mengeluarkan tipe-tipe kecil seperti 21 meter persegi dan 24 meter persegi. Dengan bangunan 3x7 meter atau 4x6 meter, bisakah semua ruangan yang dibutuhkan itu terakomodasi?

Yang pasti, dalam setiap rumah itu setidaknya memiliki kamar tidur, dapur dan kamar mandi yang terpisah. Ruang tamu dan ruang keluarga boleh disatukan, karena hari gini kita jarang sekali menerima tamu. Kalau bukan bapak RT yang datang, lebih baik memilih sebuah café saja sebagai tempat berkumpul, bukan?

Kamar mandi biasanya adalah hal terakhir yang dipikirkan setelah ruangan lain, sehingga hanya mendapat sisa tempat saja. Ada developer yang pandai membuat kamar mandi dengan ukuran mungil yang simetris, tapi tak jarang bentuknya tidak karuan.


Lalu bagaimana cara menyiasatinya agar tetap cantik, ya? Sebagai jawabannya, simak 9 hal berikut, ya!

1. Warna ruangan

Putih adalah warna yang paling berhasil dalam menimbulkan efek luas. Jika kamar mandi Anda kecil, usahakan untuk menghindari warna-warna gelap semisal biru donker apalagi hitam, karena akan memberi kesan sempit dan gelap.


2. Hindari pemakaian bak mandi

Untuk kamar mandi kecil, sebaiknya tidak menggunakan bak mandi karena menghabiskan tempat.

Alih-alih, berkreasilah dengan shower. Mandi dengan pancuran tidak membutuhkan banyak tempat. Anda hanya cukup berdiri di bawah shower sambil bebersih, tanpa harus menggayung air yang tentunya butuh ruang lebih besar.


3. Bathtub mungil

Kalau Anda memimpikan berendam di air hangat nan wangi sehabis beraktivitas seharian, tetap bisa dilakukan kok, di dalam kamar mandi yang kecil.

Kuncinya adalah memilih bathtub yang mungil namun tetap terlihat manis.



4. Closet gantung

Satu lagi yang penting di dalam kamar mandi adalah toilet. Untuk kamar mandi kecil, Anda bisa memilih toilet gantung untuk memberikan efek lebih luas dibandingkan yang biasa.

Namun jenis toilet gantung ini membutuhkan sedikit ruang ekstra di dinding belakangnya sebagai pengganti tempat penyimpanan air.


5. Rak yang unik

Kamar mandi juga butuh tempat untuk menaruh persediaan alat mandi, handuk, juga baju kotor.

Untuk kamar mandi kecil, sebaiknya pilih wadah yang bisa menampung semuanya tanpa mengambil banyak tempat, misalnya dengan rak gantung.

Anda bisa berkreasi sesukanya dalam pembuatan rak, misalnya dengan keranjang susun atau ambalan di dinding.



6. Selipkan mesin cuci

Ya, mesin cuci ternyata bisa diselipkan di dalam kamar mandi, loh. Apalagi jika bangunan rumah tidak terlalu besar sehingga tidak memungkinkan untuk memiliki laundry room.

Jadi, sisakan sedikit ruangan di dalam kamar mandi untuk meletakkan mesin cuci, ya!



7. Permainan cermin

Sudah bukan rahasia lagi bahwa cermin dapat "menggandakan” ruangan.

Agar kamar mandi kecil kita tampak lebih besar, pemasangan cermin besar akan sangat berguna lo. Selain untuk membuat ruangan tampak lebih luas, benda ini juga berfungsi untuk bercermin, tentunya.


8. Penerangan yang cukup

Kamar mandi yang besar mungkin memiliki jendela yang bisa memberikan tambahan cahaya cukup banyak, tapi kamar mandi kecil biasanya hanya mengandalkan penerangan lampu.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat jendelanya di atas dengan skylight agar dapat langsung mendapatkan sinar matahari.


9. Hias lantai

Jika dinding sebaiknya berwarna putih atau warna cerah lain demi menghasilkan efek luas, maka berkreasilah dengan lantainya.

Anda bisa menggabungkan berbagai motif lantai seperti layaknya Quilt yang menyambungkan kain-kain perca, atau satu motif saja namun tetap memberikan kesan luas.




Nah, sekarang sudah siap mendekor kamar mandi kecil Anda? Biarpun kecil, tapi Anda bisa tetap memiliki kamar mandi yang bersih, nyaman dan berkesan luas!

No comments

Powered by Blogger.