5 Tip Menata Tempat Tidur Menurut Feng Shui

5 Tip Menata Tempat Tidur Menurut Feng Shui


MYBIGPROPERTY.COM - Tahukah Anda, konon katanya, tempat tidur adalah barang yang paling penting sekaligus sakral di seluruh rumah? Karena di sanalah kita biasanya menghabiskan paling banyak waktu, juga karena tempat tidur adalah “awal dari penciptaan”.

Oleh sebab itu, menata tempat tidur tak bisa dengan cara sembarangan. Percaya atau tidak, ada saja yang salah bila tempat tidur diposisikan asal. Misalnya jika berhadapan langsung dengan pintu, maka akan mudah masuk angin, lalu pekerjaan jadi terbengkalai dan janji dengan klien terabaikan.

Masalah posisi tempat tidur ini dalam prinsip Feng Shui memang ada beberapa yang harus diperhatikan, demi alasan-alasan kesehatan, hubungan baik, dan kemakmuran. 

Yuk, intip 5 tip menata tempat tidur di bawah ini yang sesuai dengan Feng Shui

1. Perhatikan atas

Hindari meletakkan tempat tidur di bawah apa pun, seperti kipas angin atau lampu gantung. Jangan juga tidur di bawah balok penopang atap maupun langit-langit yang miring. 

Menurut The Spruce, sebuah situs tentang ilmu Feng Shui, tidur dengan sesuatu di atas akan menimbulkan sakit kepala yang parah, kram dan pegal-pegal di seluruh badan.

Jika terpaksa di sana, maka Anda bisa menghalanginya dengan menaruh kanopi di atas tempat tidur. Buatlah empat kaki kuat yang menjulang ke atas, untuk menopang kain atau kelambu agar menutupi dan melindungi saat tidur. 

Dengan kanopi, tidur juga akan lebih nyenyak karena merasa lebih aman.


2. Amati pintu

Sebaiknya, tempat tidur tidak tepat berada di depan pintu. Pintu adalah tempat masuknya kita, serta energi dan cahaya, yang berarti juga tempat datangnya banyak hal. 

Jika berhadapan langsung, maka kita akan sangat terekspos dengan angin sehingga mudah sakit. 

Sedangkan kalau posisi kepala tempat tidur sejajar dengan pintu, kita akan kehilangan kesempatan untuk melihat kedatangan sesuatu. Misalnya kedatangan tawaran kerja sama, bertemu dengan orang baru, bahkan tidak sempat melihat berbagai bentuk kejahatan.

Menurut Feng Shui, posisi ideal pintu dengan tempat tidur adalah berseberangan secara diagonal. Letakkan sejauh mungkin dari pintu agar kita bisa melihat dengan baik segala kesempatan yang mendatangi. 

Posisi demikian dalam ilmu Feng Shui dinamakan “commanding position” atau posisi menguasai.


3. Kepala tempat tidur

Dalam prinsip Feng Shui, tempat tidur tanpa headboard atau tanpa sandaran adalah sebuah kesalahan besar. Kepala-–yang juga berarti kita sebagai manusia--butuh dukungan yang kokoh di belakang agar tidak oleng, dan ini diwakilkan oleh sandaran tempat tidur. 

Oleh sebab ini pula, sebaiknya tidak meletakkan tempat tidur di bawah jendela, karena kaca bukanlah support yang solid.

Jika harus berada di bawah jendela, Anda bisa mengakalinya dengan membuat sebuah sandaran tempat tidur dari kayu yang kuat.

Selain itu, jauhkan juga kepala tempat tidur dari dinding menuju kamar mandi. Sebagai ruang bebersih, kamar mandi adalah tempat yang kotor, sehingga tidak baik bagi kesehatan jika berada berdekatan dengan kepala.


4. Bijak dengan cermin

Seperti yang dikatakan dalam situs Feng Shui Tips, tidur berhadapan dengan cermin adalah sebuah tabu. Katanya, cermin akan “menggandakan pasangan” yang artinya bisa jadi ada orang ketiga dalam rumah tangga.

Bagi yang masih single, cermin di depan tempat tidur pun adalah kekeliruan, karena akan “menggandakan kesendirian”. Cermin tentu saja sangat berguna untuk melihat refleksi diri, namun demikian, letakkan ia di mana saja dalam kamar sehingga kita tidak bisa melihat bayangan kita di saat tidur.


5. Ujung-ujung tajam

Ujung yang tajam pada dasarnya memang bisa mencelakakan. Ia juga memecah energi positif yang menghampiri kita. Konon, ujung tajam dapat bermakna sebagai pisau yang menghujam sehingga akan menyakitkan. 

Karena itu, tutupilah setiap ujung tajam di kamar seperti sudut-sudut meja, alat-alat makeup, atau tanaman tertentu.

Anda bisa menggunakan pengaman sudut yang banyak terdapat di toko online untuk menutupi meja, menyimpan alat makeup dalam pouch, dan memotong ujung-ujung daun tanaman.

Jika masih ada barang tajam namun tidak dapat ditutupi, maka gantunglah kristal berbentuk persegi untuk mengurangi dampak negatifnya.



Tidak disangka ya, ada tip yang harus diperhatikan hanya untuk menata tempat tidur. 

Ilmu Feng Shui ini memang boleh saja dipercaya dan tidak, namun demikian jika dipikirkan, ada banyak hal yang masuk akal mengenai alasan-alasannya. 

Selamat mengatur tempat tidur!

No comments

Powered by Blogger.