5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Meja Kopi untuk Ruang Keluarga



MYBIGPROPERTY.COM - Ruang keluarga tanpa meja kopi tentu rasanya seperti sayur tanpa garam. Seperti ada yang kurang, karena meja seharusnya menjadi bintang utama. 

Namun, memilih meja kopi yang cocok untuk berada di ruang keluarga itu terkadang agak sulit. Beberapa memang tersedia sekaligus dengan sofanya, tapi kalau mau memilih sendiri mejanya pun sah saja.

Jadi, bagaimana memilih meja kopi yang cocok, ya? Yang dapat mengakomodasi keperluan seluruh keluarga, juga sebagai bagian dari penghias ruangan. 

Kalau Anda bingung, mari perhatikan 5 hal di bawah ini sebelum memilih meja kopi yang tepat untuk ruang keluarga.

1. Keperluannya untuk apa?

Ada meja kopi yang diperuntukkan khusus menyajikan camilan dan minuman bagi semua yang ada di ruangan. Ada juga yang fungsinya lebih dari itu, misalnya untuk menyimpan majalah dan buku, bahkan untuk anak-anak mengerjakan pekerjaan rumahnya. 

Untuk itu, Anda harus lebih mempertimbangkan masak-masak mengenai mejanya. Untuk satu keperluan saja, atau multifungsi?


2. Bentuknya seperti apa?

Ada berbagai macam bentuk meja kopi yang dijual di pasaran, seperti persegi, persegi panjang, bulat dan oval. Jika suka dengan model klasik dan alamiah, ada juga meja yang terbuat dari akar pohon yang bentuknya tidak terdeskripsikan. 

Mengenai bentuk ini, yang harus diperhatikan juga adalah bentuk ruangannya. 

Anda akan lebih menyukai meja kopi yang bulat atau oval untuk ruangan yang bundar, dan meja kopi yang persegi untuk ruangan simetris. Jika ingin dibalik tentu saja boleh, tinggal dipadupadankan dengan sedemikian rupa saja, sehingga tetap terlihat rapi dan sesuai dengan ruangannya.


3. Ukurannya berapa?

Meja kopi yang biasa diletakkan di tengan ruang keluarga rata-rata berukuran 120 cm x 60 cm, dengan tinggi sekitar 45 cm. Ada banyak sekali ukuran lain, tergantung bentuk juga besaran sofa yang menyertainya. 

Kalau Anda lebih tertarik untuk membeli meja kopi yang tidak satu set dengan sofanya, maka ukur baik-baik agar sesuai dengan sofa juga luas ruangannya.

4. Bahannya apa?

Zaman sekarang ini, meja kopi keluar dengan berbagai macam jenis bahan. Jika dulu kayu adalah bahan utama membuatnya, saat ini meja-meja bisa dibuat dari rotan, bambu, melamin, kaca, bahkan kain. 

Sesuaikan bahan ini dengan keperluannya, sehingga tidak membeli meja kopi berbahan kain untuk menjadi alas mengerjakan tugas.

Untuk meja berbahan kain seperti yang sedang trending belakangan ini, Anda bisa memilih jenis kain linen yang mengandung bahan rayon viscose, agar kuat sekaligus lentur, juga tahan lama. Meja kopi seperti ini akan membutuhkan lebih banyak perhatian saat dibersihkan, daripada bahan lainnya.


5. Apakah perlu meja dengan detail tambahan?

Semakin hari, desain furnitur juga semakin variatif. Anda bisa memikirkan detail tambahan sebagai referensi membeli meja kopi. 

Ada meja kopi yang bersusun, sehingga bila digeser ada sebuah meja tambahan dari bawahnya. Ada meja kopi yang memiliki kaca di bagian atasnya, dan ini akan perlu diperhatikan ujungnya agar tidak membahayakan. Ada juga meja dengan roda pada kaki-kakinya, supaya mudah dipindah-pindahkan, dan lain sebagainya.

Walaupun “hanya” meja kopi, namun karena ada beragam hal yang harus diperhatikan sebelumnya, maka ada baiknya jika Anda mendiskusikannya dengan seluruh anggota keluarga. 

Meja kopi itu akan diletakkan di ruang keluarga, yang dengan demikian semua orang akan turut menggunakannya. Jadi, agar meja kopinya dapat mengakomodasi berbagai keperluan, silakan mengajukan pertanyaan-pertanyaannya dalam rapat kecil keluarga, ya!

No comments

Powered by Blogger.