7 Cara Menghias dan Memaksimalkan Taman Kecil di Rumah



MYBIGPROPERTY.COM - Anda sedang bingung saat ingin menata taman kecil di rumah Anda? Well, meskipun hanya kecil, tetep dong, taman harus ditata sedemikian rupa supaya indah kan?

Yang pasti sih, pada prinsipnya yang harus Anda perhatikan lebih dulu adalah desain tampak depan rumah Anda. Kenalilah gayanya, sehingga dengan demikian Anda bisa membuat rencana desain taman kecil yang sesuai dengan tampilan rumah.

Pastinya, kalau rumah bergaya minimalis modern, maka taman kecil Anda sebaiknya juga bergaya minimalis modern. Sedangkan kalau gayanya klasik, misalnya, maka tentu Anda harus menyesuaikan juga. Keharmonisan inilah yang akan membuat taman kecil di rumah Anda tampak indah, meski hanya ditata secara sederhana saja.


Berikut ada 8 cara menata, menghias, dan memaksimalkan taman kecil di rumah yang mungkin bisa Anda lakukan juga


1. Tambahkan tanaman bunga

Tanaman bunga adalah tanaman wajib pengisi taman, baik taman kecil maupun yang berukuran luas.

Pilihlah bunga yang cocok tumbuh di taman kecil di rumah Anda, misalnya seperti anggrek, melati ataupun mawar. Ketiganya tanaman bunga yang umum ditemukan, dan mudah pula perawatannya. Anda dapat menanamnya langsung di tanah, ataupun di dalam pot. Jika ada teras, Anda juga bisa memasang beberapa vas berisi bunga-bunga segar untuk menyejukkan suasana.


2. Tambahkan tanaman berbuah

Selain tanaman berbunga, tanaman berbuah juga biasanya selalu hadir di taman rumah. Selain biasanya bisa menjadi peneduh yang baik, tentunya kita bisa mengambil buahnya saat panen. 

Misalnya tanaman jeruk calamondinn yang bisa ditanam, baik di pot ataupun langsung di media tanah. Anda juga bisa menanam melon di dalam pot juga lo!

Baiknya untuk tanaman berbuah ini bisa Anda pisahkan tersendiri untuk tempatnya, agar tanaman buah Anda punya ruang yang cukup untuk bertumbuh dan kemudian berbuah.


3. Tambahkan koral warna-warni

Tambahan warna tentu akan membuat taman kecil di rumah semakin menarik. Selain dari tanam-tanaman, Anda bisa menambahkan berbagai warna dari batu-batu koral yang sudah diwarnai, lalu ditata sedemikian rupa di taman kecil Anda di rumah. 


4. Tambahkan terarium

Terarium memang lagi hits banget akhir-akhir ini. Ketimbang vas yang biasa saja, terarium tentu akan tampil lebih menarik untuk ditempatkan dalam taman mini Anda. Jadi seperti taman di dalam taman.

Anda pun juga bisa membuat terarium sendiri kok, tak perlu beli dengan biaya mahal. Anda dapat melihat artikel DIY membuat terarium sendiri di rumah di web ini juga.


5. Tambahkan tanaman merambat

Cara berikutnya untuk menghias dan menata taman kecil di rumah Anda adalah dengan menambahkan tanaman merambat. Anda bisa mulai dari tanaman yang berusia sekitar 1 atau 2 tahun untuk dijadikan hiasan. Misalnya seperti tanaman morning glory, atau daun dollar. Keduanya cukup mudah ditemukan dan dirawat. 

Coba Anda pasang dua cabang tanaman ke kayu atau kawat yang sudah dipasang sekitar 45 cm. Kemudian pastikan pula tanaman yang merambat itu tidak mati dengan cara menyirami tanaman itu setiap hari. Cek beberapa bulan kemudian jika tanaman itu semakin banyak sebaiknya potong beberapa bagian agar tidak membuat kotor. 


6. Buat taman vertikal

Taman kecil Anda sudah penuh, sedangkan Anda masih ingin menambah koleksi tanaman lagi? Anda bisa mencoba membuat taman vertikal.

Anda bisa mulai dengan menentukan pada dinding mana Anda akan membuat taman vertikal. Paling cocok sih kalau ada sisi dinding yang tampilannya kurang menarik tetapi mendapat limpahan sinar matahari. Setelah ditentukan lalu buatlah frame untuk pot-pot tanaman yang ukurannya sesuai dengan dinding yang sudah Anda pilih. Bahan paling baik untuk frame taman vertikal ini adalah PVC dan kawat tebal. Setelah itu, Anda juga harus memperhitungkan drainasenya, supaya lebih mudah dialiri air.


7. Buat taman bersusun

Akan lebih bagus jika Anda memperhitungkan pula tinggi rendah tanaman yang ingin Anda tanam di taman kecil di rumah Anda.

Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat taman bersusun juga. Tatalah tanaman sesuai tempatnya secara bertingkat-tingkat. Anda bisa buat dengan menggunakan rak atau meja kayu yang didesain sedemikian rupa sehingga membentuk kayu yang bertingkat.


Nah, sekarang, taman kecil di rumah Anda tampil lebih menarik kan?
Selamat berbenah!

No comments

Powered by Blogger.