5 Cara Hemat Air di Rumah




MYBIGPROPERTY.COM - Anda pasti tahu ya, bahwa air bersih bisa habis karena kerusakan mata rantai ekologi. Anda bisa ikut mencegah hal ini terjadi dengan beberapa cara hemat air di rumah berikut ini.

5 Cara Hemat Air di Rumah


1. Hindari kebocoran

Periksa popa air secara teratur. Perbaiki segera jika rusak atau bocor. Kontrol penggunaan air di meteran secara teratur. Kebocoran bisa terjadi di kamar mandi, dapur, atau saluran pipa yang ke taman.

Pada umumnya, kebocoran yang langsung terlihat adalah pada pemasangan keran yang tidak tepat. Air menetes, dan kita biarkan karena, "Ah, toh cuma setetes." Padahal kebocoran kecil semacam ini, jika berlangsung secara terus menerus tanpa henti, sama saja dengan membuang air bersih sebanyak 500 galon per bulan lo.


2. Hemat air di dapur

Anda atau asisten Anda di rumah biasa mencuci sayuran langsung dari pancuran air keran? Mulai sekarang, lebih baik hentikan kebiasaan tersebut.

Mengapa? Karena kebiasaan ini ternyata lebih boros air. Gunakan piring atau baskom untuk menampung air, kemudian masukkan dan cuci sayuran di dalam baskom tersebut hingga bersih. Ini bisa membantu kita untuk hemat air 6 kali dibandingkan kalau kita mencuci sayuran di bawah keran yang mengucur.

Demikian pula dengan mencuci piring di bawah keran yang terbuka selama 15 menit ternyata bisa menghabiskan 90 liter air. Namun, jika menggunakan baskom, Anda hanya memerlukan air sebanyak 15 liter saja untuk mencuci setumpuk piring.


3. Hemat air di kloset

Menggelontor kotoran di kloset tidak perlu air berember-ember. Jika Anda menggunakan kloset duduk, pilihlah kloset yang mempunyai 2 tombol flush. Jika Anda selesai BAK, cukup menekan tombol yang kecil, dan air yang keluar hanya sekitar 3 liter saja. Sedangkan jika menekan tombol yang besar, maka air yang keluaur adalah sekitar 6 liter.

Ini pastinya lebih hemat air ketimbang kloset dengan satu tombol dengan kapasitas tangki 6 liter, bukan?

Begitu juga dengan pembilasan. Kalau memakai gayung, Anda akan butuh 5 gayung, yang setara dengan 9,5 liter air. Kalau Anda menggunakan penyemprot, paling-paling Anda hanya akan butuh 2,5 liter saja, atau setara dengan 2 gayung.


4. Tidak harus dengan selang

Jika mobil kesayangan tidak terlalu kotor, seharusnya Anda tak perlu mencucinya dengan selang. Apalagi kalau selangnya dibiarkan terus terbuka saat Anda sedang membilas mobil dengan sampo. Air jadi terbuang percuma.

Coba ganti selang dengan ember. Gunakan gayung untuk menyiramkan air, dan membilas seperlunya. Mencuci mobil dengan air di ember dalam waktu 30 menit, hanya menghabiskan 15 liter air saja. Bandingkan dengan mencuci mobil dengan selang yang akan menghabiskan air sebanyak 180 liter.


5. Shower lebih hemat air

Kebiasaan mandi dengan gayung memang menyegarkan.Tapi kalau untuk lebih hemat air, cara ini tidak tepat. Penyebabnya, karena Anda akan membuang air lebih banyak dari yang Anda perlukan.

Kalau Anda menggunakan shower, maka Anda bisa berhemat air 40% dibanding mandi dengan gayung. Jadi, akan lebih baik jika Anda mengganti bak di kamar mandi Anda dengan pancuran shower.


Nah, dengan sedikit usaha seperti di atas, kita bisa hemat air setiap harinya lo. Yuk, sayangi bumi dengan lebih lagi!

No comments

Powered by Blogger.