Ingin Beli Rumah dengan KPR, Berikut Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan

Pertimbangan Ingin Beli Rumah dengan KPR


MYBIGPROPERTY.COM - Fasilitas KPR menjadi salah satu kemudahan pembayaran yang disediakan oleh pengembang rumah yang bekerja sama dengan bank. Biasanya ada fitur lain seperti keringanan bunga ataupun uang muka, yang memungkinkan proses beli rumah dengan KPR ini jadi semakin terasa lebih ringan.

Selain bank, ada juga developer yang bisa memberikan kredit lunak tanpa bunga namun dengan jangka waktu terbatas.

Beberapa keunggulan dan kekurangan beli rumah dengan KPR yang perlu Anda ketahui:

Keunggulan:


  • Beli rumah dengan KPR, walaupun Anda belum sepenuhnya memiliki atau melunasi harga pembelian rumah, Anda sudah bisa menempati rumah tersebut.
  • Harga pembelian atau nominal dasar pengenaan kredit akan tetap sama meskipun harga properti umumnya mengalami kenaikan..

Kekurangan:

  • Sebagai kompensasi karena cicilan tidak mengalami kenaikan, pihak bank mengenakan bunga dari pinjaman Anda.
  • Pada awal masa pembayaran cicilan, porsi bunga lebih besar. Anda yang merasa pokok utang yang dilunasi lebih kecil dibandingkan jumlah cicilan yang telah dibayar.

Lalu, untuk bisa beli rumah dengan KPR, apa saja yang perlu dipertimbangkan, selain cicilan setiap bulannya?


1. Penghasilan Anda

Bank akan menghitung berapa cicilan yang sesuai dengan kondisi penghasilan Anda karena persyaratan yang digunakan adalah jumlah cicilan utang tidak lebih dari 30% hingga 35% dari total penghasilan Anda.

2. Down Payment (DP) atau uang muka

Akan ada penyesuaian antara DP, besar cicilan, dan jangka waktu dengan kemampuan atau kelayakan Anda untuk membayar cicilan sehingga Anda masuk kualifikasi untuk mendapatkan kredit.

Misalnya, dalam 10 - 15 tahun ke depan Anda belum pensiun, sehingga masih bisa mengambil kredit dengan jangka waktu cicilan 10 - 15 tahun, maka besar angsuran akan menjadi lebih ringan.

Tetapi, jika Anda mempunyai masa kerja tinggal 5 tahun lagi, sedangkan cicilan KPR termasuk cicilan utang lain melebihi kuota 30 - 35% dari penghasilan Anda, maka jumlah DP yang harus Anda bayarkan harus ditambah agar tetap layak diberikan kredit.


3. Bunga bank

Rata-rata bunga bank untuk KPR saat ini berkisar pada angka 12-14%.

Bukan tidak mungkin ada bank tertentu yang memberikan bunga spesial untuk KPR-nya sehingga bisa di bawah bunga rata-rata. Ada juga bunga khusus untuk debitur yang taat membayar, biasanya diberikan bunga lebih rendah 0,5 - 1% dari bunga pasaran.

Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Produk KPR biasanya adalah produk bank dengan bunga terendah jika dibandingkan dengan bunga KTA atau kartu kredit yang bisa mencapai 3% per bulan, atau 36% per tahun.


Nah, bagaimana? Semoga sedikit penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan dan menjadi pertimbangan Anda jika ingin beli rumah dengan KPR ya?

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.