Trik Jitu Menawar Saat Akan Beli Rumah



MYBIGPROPERTY.COM - Setelah mencari rumah dalam waktu yang cukup lama, Anda akhirnya menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria rumah idaman Anda. Anda telah menghubungi agen rumah tersebut, dan siap memberikan penawaran untuk beli rumah.

Tapi tentu saja, agen yang Anda hubungi tidak mendapatkan penawaran hanya dari Anda saja. Mungkin ada banyak calon pembeli lain yang juga menginginkan untuk membeli rumah tersebut.

Maka kemudian, Anda harus bersaing dengan pembeli lain untuk mendapatkan rumah idaman tersebut.

Nah, jika Anda benar-benar ingin mendapatkannya dan memenangkan persaingan, pastinya Anda harus berusaha lebih keras ya, agar penjual rumah tersebut mau menjualnya kepada Anda dan bukan pada orang lain.


Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar Anda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dapat beli rumah yang diincar


Pastikan Anda sudah layak mendapatkan KPR untuk beli rumah 

Saat Anda memutuskan untuk beli rumah, maka pastikan Anda sudah memenuhi kriteria untuk pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dengan begini, penjual akan tahu bahwa ia sudah pasti akan mendapatkan bayaran untuk rumahnya.

Pastikan juga Anda memiliki uang muka untuk beli rumah. Dengan ketentuan KPR sekarang, uang muka minimal yang harus Anda miliki adalah 20% dari harga rumah yang ditawarkan.

Dengan memiliki uang muka tersebut secara tunai, penjual rumah akan merasa lebih aman. Uang tunai tentu akan lebih mudah dicairkan, sehingga penjual rumah akan lebih cepat menerimanya. Pastinya hal ini akan lebih nyaman untuknya, bukan?


Menawar dengan harga yang tepat saat beli rumah 

Sebelum memutuskan untuk beli rumah yang Anda inginkan, Anda tentu sudah mensurvei rumah-rumah yang selingkungan. Coba cek berapa harga pasaran rumah serupa di daerah yang sama.

Kalau sudah mengetahui rentang harga pasaran rumahnya, Anda dapat mulai memberikan penawaran harga beli rumah yang sesuai. Atau jika memang dana Anda lebih, Anda bisa menaikkannya sedikit.

Namun, Anda harus benar-benar memastikan bahwa harganya memang pantas, dalam artian kualitas rumah juga harus memenuhi standar.

Kalau perlu, periksa dulu rumah yang akan Anda beli. Jika rumah tersebut harus diperbaiki lagi, Anda dapat bernegosiasi dengan penjual untuk mengurangi harga belinya.

Pastinya, Anda tak mau rugi kan, jika saat Anda sudah beli rumah ternyata Anda masih harus membayar untuk biaya perbaikannya.


Menjaga hubungan baik dengan penjual saat beli rumah 

Penjual biasanya lebih merasa aman menjual rumahnya pada orang yang ia anggap dekat. Anda dapat memanfaatkan hal ini agar dapat beli rumah idaman Anda tersebut.

Coba ajaklah ngobrol si penjual rumah setelah Anda melihat rumah yang dijual tersebut. Katakan padanya, apa yang Anda suka dan kurang suka dari rumah tersebut, lalu ucapkan terima kasih karena sudah mengantar untuk melihat-lihat.



Memang tidak ada waktu yang tepat untuk memberikan penawaran saat beli rumah, tapi dengan melakukan hal-hal di atas, Anda dapat memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan rumah idaman.

Semoga tip beli rumah di atas dapat membantu Anda memiliki rumah idaman untuk keluarga ya.

No comments

Powered by Blogger.