Jadwal Ganti Perabotan dan Peralatan Rumah Tangga Ini Jangan Sampai Diabaikan



MYBIGPROPERTY.COM - Sudah berapa kali Anda mengganti kasur Anda di rumah? Belum pernah diganti semenjak beli pertama kali sampai sekarang? Anda tak sendiri. Tak banyak orang tahu dan mau peduli mengenai hal ini, padahal ada beberapa perabotan dan peralatan rumah tangga yang harus secara periodik diganti agar tak mengancam kesehatan kita lo.

Berikut adalah beberapa perabotan dan peralatan rumah tangga dan juga jadwal gantinya yang perlu Anda perhatikan.

5 Perabotan dan peralatan rumah tangga yang harus secara periodik Anda ganti dan rawat


1. Seprai – 1 minggu sekali

Jangan abaikan jadwal penggantian peralatan rumah tangga satu ini.

Tahukah Anda, bahwa setiap orang melepaskan 25 gram sel kulit mati setiap minggunya? Jumlah yang sama dengan sebungkus keripik kentang lo. Ini akan menjadi sumber makanan segar bagi 10.000 ekor tungau yang hidup di tempat tidur.

Agar kasur di kamar tidur bebas dari tungau dan seprai harum menyegarkan, cucilah setiap tujuh hari sekali, pada suhu 60 derajat Celcius, tanpa banyak detergen.


2. Bantal – 2 kali setahun

Menurut satu penelitian, pada bantal yang sudah berumur 2 tahun, 10% beratnya akan terdiri dari serpihan kulit mati, tungau dan kotorannya.

Solusinya, untuk membunuh tungau, simpan bantal dalam plastik, ikat dengan tali, lalu letakkan dalam lemari es selama 6 jam.

Cucilah bantal setiap enam bulan. Untuk sarung bantal, cuci minimal dua kali seminggu.


3. Kasur – 2 kali setahun

Yup, benar sekali. Kasur juga merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang harus dirawat secara periodik demi menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Tidak perlu mencuci kasur bila tidak ada noda atau kotoran yang cukup mengganggu. Cukup membalikkannya setiap enam bulan.

Bersihkan debu dengan vacuum cleaner setiap mengganti seprai. Apabila terkena noda, sebaiknya sikat permukaan kasur memakai sampo atau detergen, yang dicampur air hingga berbusa. Bersihkan area noda dengan spons yang telah dibasahi air hangat.

Yang penting, jangan biarkan bagian dalam kasur basah atau lembap. Segera keringkan dengan kipas angin, hair dryer atau dijemur di luar ruangan.


4. Handuk – 1 minggu sekali

Handuk yang lembap adalah tempat paling ideal untuk hidupnya kuman yang bersarang di tubuh kita, seperti stapylococus aureus, mikroorganik yang sebenarnya tidak berbahaya tapi bila bertemu dengan luka bisa menyebabkan infeksi.

Kadang handuk ini memang sering diabaikan, bukan? Sampai terlihat dekil, baru deh nyadar kalau sudah tak layak pakai.

Cucilah handuk minimal seminggu sekali dengan air bersuhu 60 derajat Celcius. Jemur sampai benar-benar kering.


5. Sikat gigi – 3 bulan sekali

Seberapa sering Anda mengganti peralatan rumah tangga yang mungil ini?

Sebagian besar orang menyimpan hingga 10 juta bakteri dalam mulut, yang dipindahkan ke sikat gigi. Bakteri ini akan dapat bertahan hingga 48 jam atau bahkan lebih lama, apabila sikat gigi tidak dibiarkan mengering.

Sikat gigi juga rentan terhadap kuman di kamar mandi, seperti 750.000 kuman yang terletak di udara setiap kali toilet disiram. Ouch!

Karena itu juga disarankan agar menyimpan sikat gigi minimal 2 meter jaraknya dari toilet!
Dari dokter gigi, disarankan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan.


Nah, sudahkah Anda secara teratur membersihkan, merawat, dan mengganti peralatan rumah tangga di atas? Kalau belum, yuk, segera jadwalkan mulai hari ini.

No comments

Powered by Blogger.