Gaya Hidup yang Sehat Berawal dari Kamar Tidur

Gaya Hidup yang Sehat Berawal dari Kamar Tidur


MYBIGPROPERTY.COM - Gaya hidup yang sehat berawal dari kenyamanan dan kebersihan kamar tidur. Percayakah Anda akan hal ini?

Menurut bapak kedokteran tidur, William Dement, salah satu penyebab makin banyaknya penderita penyakit kronis adalah lantaran gaya hidup tak sehat yang kita lakukan. Terutama karena kita sering mengabaikan tidur.

Lantas apa indikasinya tidur yang sehat itu ya? Yaitu kalau saat bangun badan terasa segar bugar dan tak mengantuk di siang hari, itulah tanda kita mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang sehat, selain harus membiasakan diri untuk selalu tidur di waktu yang sama, suasana kamar tidur juga harus mendukung. Terutama soal kebersihannya.

Yuk, cek kebersihan kamar tidur demi gaya hidup yang sehat

1. Ventilasi udara

Kalau kita termasuk orang yang alergi terhadap debu, maka pastikan jendela kamar selalu tertutup di malam hari.

Jangan lupa pula untuk slealu membersihkan AC secara periodik dan juga kipas angin yang digunakan. Dengan demikian, debu-debu yang sudah menumpuk dan menghitam di sela-sela kipas angin da AC tak akan ikut terhirup.

Selain itu, kebersihan tirai atau gorden juga nggak kalah penting. Usahakan untuk selalu membersihkannya setiap hari, karena debu sangat mudah menempel di tirai.

Dengan selalu menjaga kebersihan kamar, tidur pun jadi lebih nyenyak dan badan lebih sehat.


2. Bantal

Bantal yang kotor mengandung kuman, tungau dan serpihan kulit mati. Pastinya ketiga hal tersebut bukan teman tidur yang menyenangkan ya?

Menurut Anggie MacKenzie, seorang cleaning experts, untuk melihat bantal tidur bersih atau kotor, bisa dilihat dari permukaannya. Kalau diraba terasa kering dan kesat berarti kondisinya bersih, sedangkan kalau terasa lembap, maka itu menandakan bantalnya kotor.

Cuci bantal setiap 6 bulan sekali, dan sarung bantalnya minimal seminggu sekali. Agar lebih tahan lama, simpan bantal dalam plastik dan masukkan ke dalam lemari es selama 6 jam.


3. Tempat tidur

Jika Anda pulang kantor, atau dari bepergian, hindari untuk langsung berbaring di tempat tidur, lantaran bisa membuat kotoran dan debu yang menempel di kulit akan dengan mudah berpindah ke tempat tidur.

Dari sinilah sarang tungau dan debu berkembang biak. Selain itu, hangatnya suhu badan bikin tungau semakin betah menempel di tempat tidur.

Jadwalkan untuk mencuci seprai seminggu sekali dengan suhu 60 derajat Celcius, karena pada suhu inilah tungau akan mati. Bersihkan kasur dengan vacuum cleaner 2 kali setahun.


4. Jauhkan barang elektronik

Cahaya biru yang memancar dari barang elektronik--seperti televisi, telepon genggam, radio dan laptop--bisa menghambat produksi hormon melatonin--yaitu hormon pembuat tidur. Hal ini mengakibatkan tubuh tetap terjaga, meski sudah waktunya untuk beristirahat.

Karena itu, lebih baik keluarkan semua barang elektronik dari kamar tidur.


Nah, dengan memperhatikan beberapa hal di atas, semoga kita sekarang bisa semakin menjalani gaya hidup yang sehat, dan diawali dari kamar tidur ya.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.