Tip Memilih Rumah Ideal Bagi Keluarga




MYBIGPROPERTY.COM - Seperti apa sih rumah ideal itu?

Kalau menurut Depkes RI (2007), rumah ideal adalah rumah yang sehat dan lengkap; ada langit-langit, dinding, lantai, jendela di setiap ruangan, ventilasi di setiap ruangan--termasuk di dapur--pencahayaan, kandang, pemanfaatan pekarangan, sanitasi, dan kepadatan penghuni yang seimbang.

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru, cek dulu beberapa hal yang terkait dengan kriteria rumah ideal berikut ini.


1. Fasilitas

Pastikan lokasi calon rumah ideal bagi keluarga Anda dekat dengan fasilitas umum yang penting, seperti rumah ibadah, taman, rumah sakit atau klink, pasar, hingga sekolah.

Terutama, pastikan kawasannya bebas banjir.


2. Mudah diakses

Pastikan lokasi calon rumah baru Anda bisa diakses dengan mudah, banyak moda transportasi yang bisa dijangkau, dan infrastrukturnya baik.

Akan lebih baik jika dekat dengan jalan raya atau stasiun. Pun dengan terminal angkutan kota yang bisa membawa Anda ke mana-mana dengan lebih mudah.


3. Reputasi pengembang

Untuk mencegah penyesalan di kemudian hari, selidikilah reputasi pengembang rumah baru Anda. Apakah mereka memang terbiasa membangun rumah yang baik, atau justru sebaliknya.


Nah, setelah mempertimbangkan ketiga hal di atas, berikutnya ada beberapa hal lagi yang harus Anda perhatikan agar setidaknya rumah Anda mendekati kriteria rumah ideal sepenuhnya.


Tip Menata Rumah agar Mendekati Kriteria Rumah Ideal

1. Perhitungkan kepadatan penghuni

Sesuaikan ruangan dengan jumlah dan kebutuhan calon penghuni--yaitu keluarga Anda.

Misalnya, terdiri atas 3 orang--ayah, ibu, dan satu anak. Maka, Anda harus menyiapkan setidaknya 2 kamar tidur, dan 1 kamar mandi, dengan 1 ruang dapur dan 1 ruang serbaguna. Ini adalah alokasi ruangan yang paling minim.

Jika ada tambahan ART, maka setidaknya Anda harus menambah lagi 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi.


2. Perhatikan efisiensi ruangan

Seperti, jika ada ruangan yang fungsinya bisa disatukan, maka akan lebih baik jika Anda memikirkannya dari segi kepraktisan saja.

Misalnya ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu dan ruang makan, sekaligus dapur. Lalu, ruang cuci dan garasi juga bisa menyatu.

Yang penting, Anda juga harus memperhitungkan ruangan di rumah cukup untuk si kecil bermain.


3. Pilih perabotan yang praktis

Dalam artian, perabotan multifungsi akan lebih cocok untuk rumah ideal Anda yang mungil.

Misalnya, belilah sofabed, yang bisa berfungsi sekaligus sebagai sofa dan tempat tidur. Meja kopi yang sekaligus tempat penyimpanan seprai. Rak buku yang menyatu dengan meja belajar, juga bisa menjadi tambahan di kamar tidur anak yang baik.


Nah, sudah mendapat gambaran sekarang? Selamat berburu rumah ideal ala Anda ya!

No comments

Powered by Blogger.