Pastikan Rumah Aman Saat Anda Liburan Ke Luar Kota dalam 8 Langkah

Pastikan Rumah Aman Saat Anda Liburan Ke Luar Kota dalam 8 Langkah


MYBIGPROPERTY.COM - Mau liburan ke luar kota? Jangan lupa untuk memastikan rumah aman.

Persiapan memang menjadi kunci. Terutama soal keamanan rumah. Sering kan, kita lihat di TV, ada rumah yang ditinggalkan saat mudik itu rentan untuk terjadi perampokan ataupun kecelakaan seperti kebakaran? Duh, jangan sampai deh ya.

Ada beberapa hal yang harus Mama pastikan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan mudik bersama keluarga.


8 tip memastikan rumah aman saat Anda liburan ke luar kota sekeluarga


1. Amankan peralatan elektronik

Sebelum menutup pintu rumah dan pergi, sebaiknya pastikan dulu kalau Anda telah mematikan dan mencabut seluruh peralatan elektronik.

Hal ini untuk mencegah terjadinya arus pendek yang bisa mengakibatkan kebakaran.


2. Cek tabung gas

Sebaiknya lepaslah selang tabung gas dari kompor, untuk menghindari terjadinya gas bocor yang bisa menyebabkan kecelakaan yang tak diinginkan seperti ledakan dan kebakaran.


3. Amankan kunci-kunci

Pastikan lemari pakaian, tempat barang berharga serta pintu-pintu telah terkunci rapat dan benar. Untuk kunci, ada baiknya Anda tidak menggabungkan semuanya dan tidak disimpan pada satu tempat.

Simpanlah kunci-kunci penting tersebut di beberapa tempat berbeda. Ini dilakukan untuk agak mempersulit orang yang ingin merampok atau melakukan hal-hal buruk lainnya.


4. Nyalakan lampu

Nyalakan lampu di teras rumah dan satu lampu di bagian dalam rumah sebelum berangkat liburan ke luar kota.

Hal ini untuk memudahkan satpam kompleks perumahan mengawasi sekitar rumah yang kosong, dan tentunya menghindari orang yang berniat jahat.

Untuk lampu ini, Anda bisa memilih lampu yang dilengkapi sensor mati dan menyala secara otomatis di siang dan malam hari.


5. Pengamanan MCB Listrik

Akan lebih baik pula jika Anda bisa memasang ekstra pengamanan MCB listrik dan membagi menjadi beberapa bagian, seperti bagian AC, pompa air, kulkas dan lampu.

Matikan sebagian besar tombol dan hanya mengaktifkan bagian kulkas dan lampu saja untuk penerangan sehingga rumah tetap dalam keadaan terang.

Hal ini juga meminimalkan korsleting seluruh bagian yang bisa berakibat fatal.


6. Manfaatkan grup chat warga perumahan

Ajak warga yang tinggal di perumahan Anda berinisiatif membuat satu grup chat. Fungsinya, agar bisa berbagi informasi seputar perumahan, berbagi cerita, saling mengingatkan dan untuk menginformasikan rumah siapa saja dalam keadaan kosong dan sedang mudik.


7. Memasang portal

Barangkali sebagian besar perumahan telah memasang portal di pintu utama. Kalaupun belum, barangkali bisa diusulkan.

Portal ini berfungsi untuk membuat lingkungan rumah menjadi aman dari orang-orang yang berniat jahat, juga membatasi keluar masuk orang-orang di area perumahan.


8. Menginformasikan

Hal terakhir yang penting untuk Anda lakukan adalah menginformasikan dan menitipkan pada security perumahan ataupun tetangga jika Anda akan melakukan perjalanan liburan dalam relatif lama.

Berikan nomor telepon yang bisa dihubungi agar komunikasi lancar dan memudahkan security untuk menginformasikan secara cepat jika ada yang mencari Anda ataupun ada hal yang mencurigakan.


Kedelapan tip rumah aman saat liburan ini semoga bisa membantu Anda untuk tidak khawatir lagi, ya.

Selamat liburan!

No comments

Powered by Blogger.