Cara Hemat Listrik Paling Jitu untuk Kurangi Tagihan dan Token



MYBIGPROPERTY.COM - Tagihan listrik semakin membengkak dari bulan ke bulan? Anda juga rasa-rasanya semakin sering saja harus beli token listrik setiap harinya? Kalau iya, coba periksa lagi berbagai peralatan elektronik yang membutuhkan listrik di rumah Anda. Barangkali Anda perlu cara hemat listrik yang lebih jitu.

Coba simak beberapa tip jitu hemat listrik berikut

Lampu

  1. Sebaiknya ganti semua lampu pijar dengan lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) atau lampu hemat energi. Lampu ini memerlukan energi 80% lebih sedikit, dan 10 kali lipat lebih tahan lama dibandingkan lampu biasa. Harganya memang lebih mahal, tetapi Anda bisa hemat listrik.
  2. Matikan lampu yang tidak diperlukan atau saat Anda bepergian. Pada siang hari, manfaatkan matahari menjadi sumber cahaya yang masuk melalui jendela atau ventilasi.
  3. Bersihkan lampu dari debu secara berkala. Sebab lapisan lampu yang tertutup debu dapat mengurangi efisiensi lampu sebesar 50 – 70%.

Komputer pribadi (PC)

  1. Pertimbangkan untuk membeli laptop, bukan PC. Selain lebih praktis, laptop juga mengonsumsi listrik lima kali lebih hemat ketimbang desktop.
  2. Manfaatkan fitur power management.
  3. Matikan bila tidak digunakan. Membiarkan komputer menyala sepanjang tahun akan menyerap lebih dari 1.000 kWh/tahun, atau setara dengan total konsumsi listrik dalam satu rumah.
  4. Gunakan sambungan kabel dengan satu steker untuk segala perlengkapan komputer Anda. Jadi, Anda tinggal menekan satu tombol untuk mematikan semua alat elektronik yang praktis untuk memotong penggunaan listrik lebih dari 200 kWh/tahun.

Air Conditioner (AC)

  1. Atur suhu AC pada 24 – 45 derajat Celcius. Penurunan 1 derajat, konsumsi listrik meningkat 6%.
  2. Hindari kebocoran udara dari luar
  3. Bersihkan kondensor, filter, dan coil AC, minimal sebulan sekali agar AC bekerja optimal.
  4. Gunakan timer. Pada pukul 00.00 – 04.00 pagi, suhu lingkungan menjadi lebi dingin sehingga Anda seharus tidak butuh AC lagi untuk lebih hemat listrik.
  5. Manfaatkan bukaan jendela yang lebar pada siang hari, sehingga tak perlu menggunakan AC.

Lemari Es

  1. Sebaiknya gantilah lemari es yang sudah berumur belasan tahun. Dalam kurun waktu 10 tahun, lemari es mengalami penurunan efisiensi sebesar 75%.
  2. Gunakan lemari es dengan teknologi mutakhir yang ramah lingkungan. Meskipun 5 – 15% lebih mahal, tetapi lemari es macam ini akan lebih hemat listrik dan energi.
  3. Atur suhu ideal lemari es pada 2 – 4 derajat Celcius, dan suhu ideal freezer pada suhu -17 sampai -15 derajat Celcius.
  4. Kurangi intensitas membuka pintu lemari es karena udara dari luar akan membuat lemari es bekerja ekstra. Asal tahu saja, hampir 7% energi terbuang jika pintu sering dibuka.
  5. Memasukkan makanan panas ke dalam lemari es akan menambah kerja lemari es.
  6. Bersihkan bunga es secara berkala. Bunga es yang menumpuk akan menghambar kinerja lemari es. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan lemari es yang memiliki teknologi freezer tanpa bunga es.
  7. Isi lemari es secukupnya dan jauhkan dari sumber panas.

Nah, dengan beberapa langkah kecil untuk hemat listrik di atas, semoga tagihan dan token listrik Anda menjadi lebih bersahabat lagi.

No comments

Powered by Blogger.