Perlengkapan Kamar Tidur Harus Rutin Diganti Agar Terhindar dari Penyakit!

Perlengkapan Kamar Tidur yang Harus Rutin Diganti Agar Terhindar dari Penyakit!


MYBIGPROPERTY.COM - Kapan terakhir kali Anda mengganti bantal Anda? Belum pernah? Nah, itu dia. Perlengkapan kamar tidur memang sering kali diabaikan kebersihannya, termasuk waktu menggantinya.

Walau permukaan tampak bersih, tapi jangan terkecoh! Perlengkapan kamar tidur sangat berpotensi terkena kuman, bakteri, debu dan tungau.

Terbayangkah bagaimana jadinya jika Anda sampai lalai menjaga kebersihan dan mengganti perlengkapan kamar tidur?

Ini dia 3 panduan untuk membersihkan perlengkapan kamar tidur agar terhindar dari berbagai penyakit


1. Ganti seprai, selimut, sarung bantal dan guling

Jika Anda belum mengganti selimut, seprai, sarung bantal dan guling sejak bulan lalu, maka segeralah untuk melakukannya sekarang juga.

Idealnya, selimut, seprai, sarung bantal, dan guling itu harus dicuci setiap seminggu sekali. Lebih baik lagi jika dicuci dengan air panas bersuhu 60 derajat Celcius agar berbagai kuman dan kotoran hilang.

Sel-sel kulit mati yang rontok, serta keringat yang keluar saat tidur adalah alasan utama mengapa selimut, seprai, sarung bantal dan guling harus sering dicuci.


2. Bantal dan guling harus dijemur dan diganti

Bantal dan guling biasanya menyerap keringat sehingga kemungkinan besar dihinggapi kuman, bakteri, dan kutu. Sebaiknya bantal dicuci setiap tiga bulan sekali. Namun, hati-hati, jika memang ingin mencuci bantal sendiri.

Jika bantal Anda adalah bantal berisi serat silikon, maka bantal tersebut relatif aman untuk direndam dengan air atau masuk ke mesin cuci. Namun sebelum mulai mencuci, pastikan bantal atau guling tidak berlubang, supata isinya tidak rusak.

Sedangkan untuk bantal kapuk, penanganannya akan berbeda. Bantal kapuk sebaiknya tidak direndam dengan air karena kapuk akan mengeras dan tidak akan menjadi empuk lagi. Untuk mencuci bantal kapuk, Anda harus mengeluarkan kapuk-kapuknya terlebih dahulu. Baru kemudian, cuci sarungnya. Pastikan kering benar-benar sebelum memasukkan kapuknya kembali. Lalu jahit lagi.

Namun, jika hal ini merepotkan, Anda bisa menjemurnya rutin satu minggu sekali. Lalu, jangan lupa untuk mengganti bantal kapuk setiap empat atau lima tahun sekali.


3. Cuci kasur

Jika kasur Anda sudah berusia 8-10 tahun, maka sebaiknya segera cuci. Dalam waktu tersebut, umumnya kasur telah mengalami kelembapan yang mengundang kutu dan menyimpan banyak kotoran serta debu.

Setiap 6 bulan sekali, lakukan pembersihan dengan menyedot atau menguapi, dan jemur kasur di bawah sinar matahari langsung.

Jika ada noda lantaran terkena tumpahan makanan, minuman, atau yang lainnya, segera bersihkan kasur dengan kain basah. Lalu gosokkan sabun hingga kotoran hilang, dan jemur di bawah terik matahari. Jangan biarkan kotoran terlalu lama menempel karena akan mengundang banyak kuman.


Jadi, masih malas untuk mengganti perlengkapan tidur? Yuk, jangan malas. Kesehatan keluarga Anda taruhannya lo! Pastinya, tak sulit bukan mengganti seprai, selimut itu seminggu sekali?

No comments

Powered by Blogger.