11 Tanaman Sayur yang Mudah Ditanam Sendiri di Rumah

11 Tanaman Sayur yang Mudah Ditanam Sendiri di Rumah



MYBIGPROPERTY.COM - Gaya hidup sehat semakin menjadi kebutuhan dewasa ini. Barangkali Anda juga salah satu yang sekarang mencoba mengakrabinya ya? Salah satu hal yang bisa Anda coba lakukan untuk mendukung perubahan gaya hidup sehat Anda adalah dengan menanam tanaman sayur sendiri.

Dengan menanam tanaman sayur sendiri, pastinya Anda bisa banyak mengurangi pemakaian pestisida. Maksimalkan penggunaan pupuk alami untuk hasil terbaik dengan membuatnya dari sisa bahan makanan atau sampah rumah tangga yang dikubur dalam tanah selama beberapa hari.

Pastinya juga, dengan menanam tanaman sayur sendiri, Anda bisa mendapatkan sayuran segar dan sehat untuk dikonsumsi dengan lebih mudah. Bahkan, barangkali jadi tak semahal jika kita membeli sayuran organik di supermarket.

Nah, sebagai permulaan, tentu saja Anda harus menanam tanaman sayur yang mudah ditanam dan perawatannya juga gampang ya?

11 Jenis tanaman sayur yang mudah dan cocok ditanam sendiri di rumah


1. Bawang Merah

Benih berupa umbi. Sinar matahari cukup (70%). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi saja, atau pagi dan sore. Masa panen: 70 hari.

2. Bawang Putih

Benih berupa umbi. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 20-25 derajat Celcius. Penyiraman pagi saja, atau pagi dan sore. Masa panen: 90-150 hari.

3. Bawang Daun

Benih berupa biji maupun tunas. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 18-25 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 90-150 hari.

4. Cabai

Benih biji yang dikeringkan. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 70-75 hari.

5. Daun Seledri

Benih berupa tunas. Sinar matahari minim (30%). Suhu rata-rata 16-25 derajat Celcius. Penyiraman pagi saja atau pagi dan sore. Masa panen: 6-8 minggu.

6. Daun Kemangi

Benih berupa tunas. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 16-25 derajat Celcius. Penyiraman pagi saja atau pagi dan sore. Masa panen: 7 hari.

7. Kunyit

Benih berupa akar. Sinar matahari cukup (5-7 jam sehari). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 3 minggu.

8. Jahe

Benih berupa akar. Sinar matahari cukup (5-7 jam sehari). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 3 minggu.

9. Daun Bayam

Benih berupa biji atau tunas. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 1-1 ½ bulan setelah tanam pertama, berikutnya tiap 1 minggu.

10. Kangkung

Benih berupa biji atau tunas. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 25-30 derajat celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 1 bulan setelah tanam pertama, berikutnya tiap 1 minggu.

11. Daun Selada

Benih berupa biji atau tunas. Sinar matahari cukup (50%). Suhu rata-rata 25-30 derajat Celcius. Penyiraman pagi dan sore. Masa panen: 1 bulan setelah tanam pertama, berikutnya setiap 1 minggu.


Kesebelas tanaman sayur tersebut memang yang paling sering kita butuhkan di dapur. Jadi, Anda bisa bayangkan, seberapa banyak Anda bisa berhemat dan juga menjadi lebih sehat jika Anda menanamnya sendiri di rumah.

Anda tak perlu harus menanam semuanya sekaligus. Anda bisa coba dulu satu per satu, asalkan telaten pasti akan mendapat hasil baik nantinya.

Selamat berkebun!

No comments

Powered by Blogger.