Cara Membersihkan Rumah Setelah Kebanjiran

cara membersihkan rumah setelah kebanjiran


MYBIGPROPERTY.COM - Musim hujan mulai tiba. Di beberapa bagian Indonesia bahkan sudah terterjang banjir. Selain merugikan secara material, yang paling bermasalah adalah cara membersihkan rumah setelah kebanjiran.

Banjir selalu meninggalkan bekas kotoran yang cukup sulit dibersihkan kan ya? Apalagi kita juga harus mewaspadai beberapa penyakit khas banjir yang sangat berbahaya.

Yuk, segera atur waktu untuk membersihkan rumah setelah kebanjiran agar segera pulih ke kondisi semula!

Berikut cara membersihkan rumah setelah kebanjiran yang bisa Anda lakukan


1. Matikan arus listrik

Matikan arus listrik terlebih dahulu jika Anda hendak membersihkan rumah setelah kebanjiran. Apalagi kalau di lantai masih ada genangan air. Bahaya!

Periksalah bagian saklar dan kabel listrik yang terkena air. Waspadai juga dinding yang lembap, karena akan mudah sekali menghantarkan arus listrik.


2. Siapkan alat kebersihan

Saat Anda hendak membersihkan rumah setelah kebanjiran, pakailah sepatu bot. Atau bisa juga mengenakan sandal karet yang menutupi seluruh bagian kaki. Pakai juga sarung tangan karet dan masker, lantaran banyak bakteri dan kuman yang datang bersama air banjir.

Siapkan alat kebersihan selengkap mungkin, seperti sapu, kain pel, sapu lidi, kanebo, spons, serokan karet, cairan pembersih, dan lain-lain, dalam satu tempat yang mudah dipindahkan.


3. Bersihkan dulu genangan

Prioritaskan pembersihan terhadap genangan-genangan di dalam rumah. Periksa dan sortir barang yang rusak dan tak bisa dipakai lagi.

Keluarkan barang-barang kotor dari dalam rumah, bersihkan di luar.


4. Bersihkan lantai dan dinding

Setelah genangan bersih, mulailah membersihkan rumah dengan menyiram lantai dan dinding dengan air bersih. Gunakan desinfektan agar lebih efektif untuk membunuh kuman dan bakteri.

Bersihkan, sikat dan pel seluruh rumah, hingga ke sudut-sudutnya. Jangan sampai ada yang terlewat.


5. Cek kondisi perabotan

Cek kondisi perabotan. Yang kotor, segera bersihkan dengan menggunakan air panas agar lebih maksimal.

Untuk mebel, Anda bisa memelitur ulang, agar kembali mengilap. Beri cairan pembersih kuman pada setiap perabotan yang masih bisa terpakai.

Untuk perabotan elektonik, segera cek secara detail--terutama di bagian yang sempat terkena air--apakah masih bisa terselamatkan? Cek ulang, apakah semua bagian sudah bersih dan kering, sebelum disambungkan lagi ke listrik.


Nah, itu dia cara membersihkan rumah seusai banjir. Nanti, sembari jalan, Anda pasti bisa membersihkan semuanya dengan baik, dan mengembalikan kondisi rumah seperti sedia kala lagi.

No comments

Powered by Blogger.