7 Cara Cepat Membereskan dan Membersihkan Rumah



MYBIGPROPERTY.COM - Membersihkan rumah memang bisa jadi merupakan pekerjaan tak menyenangkan tapi harus kita lakukan setiap harinya ya?

Biasanya keengganan ini dikarenakan rasanya pekerjaan membersihkan rumah itu seperti tak ada habisnya. Baru selesai mencuci pakaian, ternyata tumpukan piring kotor menggunung. Baru saja selesai menyiram kebun, lantai perlu dipel. Belum lagi kaca-kaca jendela yang begitu kotor, juga sampah yang perlu dibawa keluar. Tiba-tiba pakaian kotor sudah ada lagi di kamar tidur anak.

Sudah butuh waktu lama, juga tenaga ekstra, tapi susul menyusul berdatangan. Mau cuek, tapi siapa yang betah tinggal di rumah yang berantakan?

Tenang. Coba duduk sebentar, dan baca trik membersihkan rumah dari MyBigProperty yang jitu tapi cepat ini.


7 Cara jitu dan cepat membersihkan rumah


1. Mulailah dengan yang paling berantakan

Ya, mulailah dari bagian yang paling mengganggu pikiran. Biasanya di pagi hari, ruang makan adalah ruangan yang paling berantakan. Jadi, segera bersihkan begitu semua orang sudah selesai makan pagi.

Siang hari, barangkali yang paling berantakan adalah dapur, karena Anda memasak untuk makan siang. Maka segera pula bereskan setelah memasak.

Satu lagi yang menjadi kunci berantakannya rumah adalah bak cuci piring. Jadi, segera kosongkan secepat mungkin. Semakin ditunda, semakin menumpuk. Dan, bak cuci piring yang penuh itu sungguh membuat mood menjadi buruk.

Intinya, jangan tunda dan mulailah dari yang paling berantakan di satu waktunya. Saat yang paling berantakan sudah terlihat rapi, maka Anda akan bersemangat untuk melanjutkan ke bagian lain.


2. Singkirkan barang lama dan tak terpakai

Khusus bagi Anda yang hobi membeli barang secara impulsif, sekaranglah saatnya untuk membuat daftar barang-barang yang benar-benar terpakai dan yang tidak.

Yang masuk ke daftar barang tak terpakai (meski punya kenangan), maka relakanlah keluar dari rumah. Anda bisa mendonasikannya, atau menjualnya kembali dalam garage sale atau via online.

Tak perlu merasa sayang, karena kenangan tetap akan tinggal dalam hati dan Anda selalu bisa membuat yang baru.


3. Kotak penyimpanan adalah kunci

Jika memang sudah benar-benar tak bisa dibuang, maka sediakanlah satu ruangan khusus atau kotak penyimpanan yang dapat menjadi wadah penyimpanan.

Lalu aturlah dengan rapi semua barang yang dengan terpaksa belum bisa dikeluarkan dari rumah.


4. Bersihkan kamar mandi sekalian Anda mandi

Untuk kamar mandi, Anda bisa membersihkannya sekalian mandi.

Sesaat sebelum mengguyur badan dengan air, guyur dan gosoklah dulu lantai kamar mandi. Sikat sebentar sana-sini, terutama di sudut. Tak perlu terlalu lama, jika Anda bisa melakukannya setiap kali mandi, maka lumut dan kerak tak akan sempat datang.

Kamar mandi pun senantiasa bersih tanpa Anda perlu menyisihkan waktu untuk membersihkannya, bukan?


5. Siapkan keset di bagian yang mudah kotor

Sediakan keset-keset di beberapa bagian rumah yang berhubungan langsung dengan dunia luar, misalnya di pintu masuk depan, dan di pintu yang keluar di halaman belakang. Juga ke garasi, jika ada, kamar mandi dan dapur.

Biasakan setiap orang di rumah untuk mengeringkan kaki di keset sebelum masuk rumah. Kotoran paling mudah menempel pada kaki yang basah, jadi kalau kaki kering akan lebih mudah bagi Anda untuk membersihkan rumah.

Buat peraturan untuk meninggalkan segala jenis sepatu dan sandal di luar. Untuk itu, sediakan tempat khusus untuk sepatu dan sandal yang rapi sebelum pintu masuk.


6. Membersihkan rumah = pesta

Salah satu hal yang bisa membuat acara membersihkan rumah menjadi menyenangkan adalah dengan membuatnya menjadi menyenangkan.

Hmmm, bagaimana caranya?

Saat Anda akan mulai menyapu, mengepel, atau membersihkan kaca-kaca, pasanglah musik. Lalu mulai membersihkan rumah sambil bernyanyi atau boleh juga bergoyang mengikuti irama.

Dijamin, acara bersih-bersih rumah jadi sangat menyenangkan!


7. Nyalakan lilin aromaterapi

Saat sudah mulai ada bagian rumah yang beres dan bersih, untuk menambah kesegarannya, nyalakan lilin aromaterapi yang bisa Anda buat sendiri. Pilihlah aroma yang segar agar bisa menenangkan pikiran.

Anda bisa melanjutkan acara membersihkan rumah dengan perasaan yang lebih santai.


Nah, selamat beberes hari ini ya! Ajak juga seluruh keluarga untuk membantu Anda membersihkan rumah.
Semoga tip-tip di atas bisa membantu.

No comments

Powered by Blogger.