Begini Cara Beli Rumah yang Cerdas dengan KPR



MYBIGPROPERTY.COM - Penasihat finansial, Suze Orman mengatakan, bahwa dengan beli rumah, kita telah menunjukkan bahwa diri kita sejahtera secara finansial dan stabil secara emosional.

Nah, dengan melihat bahwa beli rumah adalah hal yang menjadi impian banyak orang, maka lantas muncullah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari lembaga keuangan dan perbankan.

Lalu, bagaimana caranya menentukan KPR mana yang baik untuk Anda?
Ikuti terus tip dari MyBigProperty ini ya.


Begini cara beli rumah yang cerdas dengan KPR


1. Bandingkan angsurannya

Tentukan jumlah peminjaman dan jangan waktu angsuran yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Kedua komponen itu menentukan jumlah cicilan yang harus dibayarkan per bulan.

Kumpulkanlah beberapa data lembaga keuangan yang mengeluarkan KPR, dan bandingkan lembaga mana yang menawarkan cicilan KPR yang paling sesuai dengan kondisi keuangan dan keluarga Anda.

2. Pahami tingkat dan jenis bunga

Jumlah angsuran ditentukan oleh berapa besar suku bunga, serta jenis bunga yang dipakai.

Anda perlu tahu, bahwa ada 2 jenis suku bunga yang biasanya ditawarkan, yaitu tetap dan tidak tetap atau floating.

Dengan suku bunga tetap, angsuran tidak berubah selama masa KPR dan jumlah cicilan relatif kecil. Biasanya, suku bunga tetap memiliki masa berlaku tertentu dan kemudian berubah menjadi bunga tidak tetap, yaitu suku bunga yang bergantung gejolak pasar uang.

3. Penalti KPR

Kebebasan melakukan pelunasan sebelum waktunya itu penting, karena Anda harus melakukan perpindahan kredit ke bank lain, misalnya karena mencari bunga yang lebih murah atau Anda menjual rumah tersebut saat kredit masih berjalan.

Yang perlu untuk Anda lihat dan perhatikan adalah berapa biaya penaltinya.

4. Biaya KPR

Biaya KPR mencakup biaya penilaian, biaya notaris, akta jual beli PPAT, akta perjanjian kredit, akta pemasangan hak tanggungan, premi asuransi kebakaran, premi asuransi jiwa kredit, dan lainnya.

Biaya KPR ini penting diperhatikan karena jumlahnya tidak sedikit dan dibayar di awal kredit sehingga diperlukan persiapan dana.

5. Syarat kredit dan dokumen

Umumnya sebelum mengajukan KPR, Anda harus mempersiapkan uang muka sejumlah 30% dari harga jual beli rumah dan dokumen penting terkait sumber pembiayaan dan kepemilikan properti yang akan dibeli.

Jadi, pastikan semua lengkap ya!


Sudah siap mengajukan KPR Anda setelah mengetahui cara beli rumah dengan cerdas di atas? Semoga sukses ya! 

No comments

Powered by Blogger.