DIY Toilet Bomb Fizzies untuk Atasi Bau WC!



MYBIGPROPERTY.COM - Anda sering terganggu dengan bau WC?

Ya, memang. WC atau kamar mandi biasanya memang identik dengan bau tak sedap. Sudah dibersihkan dengan baik, tapi si bau ini kadang tak mau pergi juga.

Untuk mengatasi bau WC ini, kita bisa menggunakan toilet fizzies. Biasanya sih barang ini bisa kita dapatkan di hypermarket ataupun pesan di toko online.

Tapi, ternyata, jenis pembersih ini bisa kita buat sendiri lo. Bahan-bahannya bahkan mudah sekali ditemukan di mana saja, dan juga ramah lingkungan.

DIY Toilet Fizzies si anti bau WC

Alat dan bahan:


  • 340 gram baking soda
  • 85 gram asam sitrat
  • 1/2 sdt cuka
  • 1 sdt hidrogen peroksida
  • 15-20 tetes essensial oil apa saja sesuai selera
  • Loyang secukupnya
  • Kertas panggang secukupnya
  • Sendok ukur atau alat cetak lainnya
  • Mangkuk
  • Gelas kecil
  • Botol spray (opsional)
  • Sarung tangan (opsional)


Cara pembuatan:



Tuangkan baking soda ke dalam mangkuk. Pastikan tidak ada baking soda yang menggumpal. Jika ada gumpalan, hancurkan dengan garpu hingga halus.

Baking soda adalah bahan yang multifungsi. Selain dipakai dalam masakan, baking soda dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dan kebersihan. Bahan ini secara alami mampu membersihkan dan menghilangkan bau busuk, termasuk si bau WC.

Setelah baking soda benar-benar halus, tambahkan asam sitrat yang bisa dibeli di toko bahan makanan, untuk menambah fungsi dari pembersihan baking soda. Aduk rata.




Di dalam gelas kecil, campurkan cuka dengan hidrogen peroksida, untuk membantu si pembersih toilet jadi lebih efektif kerjanya.

Selanjutnya, tambahkan larutan cuka-hidrogen peroksida ke dalam baking soda perlahan-lahan, setetes demi setetes.

Jika Anda mencampurkan bahan-bahan tersebut secara sekaligus, keempat bahan tersebut akan menjadi berantakan, karena adanya reaksi antara baking soda dengan asam sitrat.

Jadi, hati-hati ya, dalam pencampurannya.




Setelah baking soda, asam sitrat, cuka, dan hidrogen peroksida tercampur rata, tambahkan minyak esensial dengan aroma yang sesuai dengan selera Anda, seperti wintergreen, lemongrass, dan lavender.

Aduk dengan hati-hati.

Gunakan sendok ukur untuk mencetak si bom toilet ini. Anda bisa menggunakan sendok ukur dengan ukuran apa pun. Atau, bisa juga mencetak dengan alat apa pun, dengan ukuran seberapa pun, sesuai keinginan Anda.

Letakkan cetakan-cetakan bom toilet ini di atas loyang yang telah dilapisi kertas panggang. Anda bisa menyemprotkan larutan cuka-air ke dalam toilet fizzies untuk menciptakan kerak, supaya rekatan masing-masing elemen menjadi lebih kuat.

Diamkan toilet fizzies selama semalaman.




Setelah benar-benar kering, masukkan bom toilet yang sudah jadi ke dalam stoples kaca bersih dengan tutup yang rapat dan simpan di tempat kering dan jauh dari jangkauan anak-anak.
Jangan lupa, tempelkan label di stoplesnya ya, supaya tak salah ambil.


Setiap kali Anda membutuhkannya untuk melenyapkan bauWC, Anda tinggal ambil satu butir bom toilet buatan Anda sendiri ini dan langsung cemplungkan saja ke dalam toilet.

WC atau toilet pun bebas bau.

Selamat mencoba!

No comments

Powered by Blogger.