5 Model Tipe Rumah Sederhana di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

5 Model Tipe Rumah Sederhana di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

Apakah Anda ingin membeli hunian atau sedang membangun rumah dan menemukan desain dengan berbagai jenis tipe rumah sederhana? Mulai dari tipe rumah 36 atau tipe rumah 60. Mungkin Anda sedang bingung atau masih kurang familiar dengan berbagai jenis tipe rumah tersebut. Oleh karena itu, Mybigproperty.com akan membahas tentang tipe rumah sederhana yang harus Anda ketahui di Indonesia.

Jenis tipe rumah sederhana sendiri berdasarkan luas dari rumah. Untuk tipe rumah sederhana 36 memiliki luas 36 meter persegi dan untuk tipe rumah sederhana 45 memiliki luas 45 meter persegi.

Setiap tipe rumah mempunyai karakteristik khusus seperti segi dimensi bangunan dan kebutuhan ruang. Dimana pada akhirnya developer akan menyesuaikannya dengan konsep dari perumahan yang dibangun. Jika bentuk rumah sederhana sudah diketahui, maka pengembang dapat menentukan harga jual properti tersebut. 

Berikut 5 model tipe rumah sederhana di Indonesia yang harus Anda ketahui!

1. Tipe 21

5 Model Tipe Rumah Sederhana di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

Tipe 21 merupakan tipe rumah kecil sederhana. Pada umumnya, luas bangunannya 21 meter persegi dengan luas tanah 24 meter persegi. Tipe rumah 36 ini memiliki panjang dan lebar bangunan an 6 meter x 3,5 meter.

Tipe rumah sederhana tipe 21 biasanya terdiri dari 1 kamar tidur yang dapat ditempati 2 orang, sebuah ruang tamu yang langsung terhubung dengan dapur, dan mempunyai satu kamar mandi. Agar rumah terlihat lapang, gunakan furnitur minimalis, seperti coffee table, meja tv, dan sofa minimalis.

Bentuk rumah sederhana ini harganya bisa tembus Rp 300 jutaan jika banyak faktor pendukungnya, terutama lokasi. Paling ekonomis biasanya sekitar Rp 100 jutaan. Untuk harga ekonomis ini, biasanya untuk rumah subsidi dari pemerintah yang dijual ke masyarakat.

2. Tipe 36

5 Model Tipe Rumah Sederhana di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

Tipe rumah sederhana selanjutnya yaitu tipe 36 yang mempunyai luas bangunan 36 meter persegi, umumnya mempunyai luas tanah 72 meter persegi. Ukuran rumah tipe ini memiliki panjang dan lebar 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter. Rumah kecil sederhana ini paling umum dibangun di Kawasan perumahan Indonesia.

Bentuk rumah sederhana ini juga sering menjadi pilihan investasi di bidang property. Biasanya investasi rumah ini dijadikan rumah sewa, karena ukuran dan harga yang murah.

Di kawasan strategis, harga rumah tipe 36 ini bisa mencapai Rp 650 – Rp 700 jutaan. Namun, ada juga yang harganya saat ini masih berkisar Rp 265 juta.

3. Tipe 45

5 Model Tipe Rumah Sederhana di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

Tipe rumah sederhana ini memiliki luas bangunan 45 m². Tipe 45 ini cocok dihuni keluarga kecil yang memiliki satu atau dua orang anak. Tipe rumah sederhana ini dapat Anda  bangun teras yang berada depan rumah, biasanya dijadikan garasi satu unit mobil dan mempunyai taman kecil minimalis pada halaman belakang.

Ruang keluarga dan ruang makan di tempatkan terpisah. Memiliki desain dapur kecil terletak di bagian belakang rumah. Ada juga variasi rumah kecil tipe 45 dengan 3 kamar tidur tanpa halaman belakang, loh.

Harga rumah tipe 45 dengan kualitas bagus bisa mencapai Rp 900 juta. Sementara itu, untuk harga rumah  paling ekonomis sekitar Rp 500 – Rp 750 juta.

4. Tipe 54

5 Model Tipe Rumah Sederhana di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

Tipe rumah sederhana ini biasanya dipilih oleh masyarakat golongan menengah hingga ke atas. Ukuran rumah kecil sederhana ini adalah 9×6 meter persegi dan terdiri dari 3 kamar.

Desain rumah ini juga lebih cocok untuk rumah tinggal keluarga yang memiliki jumlah anggota keluarga yang lebih besar karena selain memiliki jumlah kamar yang lebih banyak. Ada juga yang hanya mempunyai dua kamar. Tetapi, umumnya terdapat taman yang cukup luas di tipe rumah sederhana ini.

Harga rumah tipe ini kisaran Rp 800 jutaan di lokasi tertentu. Di daerah permukiman yang lokasinya strategis, harganya bisa sampai Rp 1,2 miliar.

5. Tipe 60

5 Model Tipe Rumah Sederhana di Indonesia yang Harus Anda Ketahui

Rumah tipe 60 ini memiliki luas 60 meter persegi yang rasanya cukup luang dan lapang untuk dijadikan hunian. Tipe rumah sederhana ini pada umumnya memiliki 3 kamar tidur, ada juga yang dilengkapi 1 kamar tidur tambahan untuk asisten rumah tangga.

Namun, tentu saja kelebihan ini sesuai dengan harga yang ditawarkan. Rumah ini bisa harganya menembus Rp 1,5 miliar. Tetapi, di beberapa daerah harganya Rp 900 juta hingga Rp 1 miliar saja.

Mempunyai tipe rumah sederhana juga perlu memahami kebutuhan keluarga Anda, agar dapat memilih tipe rumah yang sesuai.

Tujuan dari membangun atau membeli rumah juga harus Anda pertimbangkan, Apakah rumah tersebut nantinya akan Anda sewakan, jual, atau untuk investasi.

Jika tujuan Anda membeli rumah untuk investasi, maka tipe rumah sederhana yang tepat adalah tipe rumah 21, 24, dan 36. Tipe rumah sederhana ini lebih tepat, karena lebih mudah dijual kembali.

Jika tujuan Anda untuk dihuni bersama keluarga, Anda harus memastika apakah luas kavling memungkinkan untuk pengembangan bangunan dan juga renovasi rumah. Jika nantinya Anda ingin menambah kamar atau menambah lantai ketika jumlah anggota keluarga Anda nantinya bertambah.

Anda jangan melupakan aspek penting lain dalam memilih rumah sederhana impian Anda. Aspek lain itu seperti lokasi dari rumah, spesifikasi bahan material bangunan rumah, hingga lingkungan sekitar dari rumah tersebut.

Jadi, apakah Anda sudah memutuskan ingin membeli tipe rumah yang mana? Meski belum terlalu membutuhkannya karena kamu masih tinggal bersama orangtua, Anda dapat memikirkannya untuk  menjadikan rumah sebagai investasi masa depan Anda sekeluarga.

Jika Anda sudah mempunyai dana, maka sebaiknya segera DP rumah yang diincar dan jadikan investasi untuk masa depan lebih baik. Semakin tahun harga tanah dan rumah semakin mahal. Jadi tunggu apalagi!




No comments

Powered by Blogger.