10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Rumah tipe 36 adalah desain rumah yang memiliki luas area atau bangunan sebesar 36 meter persegi. Tipe rumah ini biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu, dapur dan satu kamar mandi. Jumlah rumah tipe 36 ini pun semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir karena pengaruh keterbatasan lahan.

Membeli atau membangun rumah kecil dengan rumah tipe 36  sebetulnya tidak masalah apalagi untuk anak muda yang baru memulai keluarga atau tinggal sendiri. Memiliki rumah kecil dengan sedikit ruangan tidak akan menjadi sebuah permasalahan. Lagipula, dengan kapasitas ruangan yang sangat terbatas, rumah kecil bisa terlihat besar, asalkan Anda  tahu bagaimana cara menata interior rumah kecil dengan tepat.

Banyak orang merasa bahwa rumah mungil akan membatasi keleluasaan aktivitas keluarga. Padahal, desain rumah tipe 36 yang tepat akan menghasilkan hunian yang nyaman, fungsional, dan tetap terlihat luas. Jika Anda sedang mencari referensi desain untuk menata ruang dengan gaya rumah tipe 36, ulasan tip berikut ini bisa bermanfaat bagi Anda.

10 Tip menata ruang di rumah tipe 36 agar terlihat longgar dan luas, yuk simak tip di bawah ini!

1. Cat Dinding Warna Cerah

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Anda pasti sudah mendengar atau membaca tentang bagaimana warna cat rumah yang cerah membuat ruang sempit terkesan lebih luas dan lapang. Cara klasik ini sangatlah efektif. Para desain interior merekomendasikan cat berwarna putih dan warna cerah lainnya seperti warna biru muda, kuning, hijau untuk diaplikasikan pada ruang sempit seperti rumah tipe 36.

Warna cerah akan membuat rumah tipe 36 akan terasa lapang, segar, dan terang. Mengaplikasikan cat berwarna gelap pada ruangan akan membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, tetapi membuat ruang sempit. Warna cat gelap bukan untuk memantulkan cahaya, tetapi akan menyerap sumber pencahayaan yang masuk, alhasil rumah terlihat suram.

2. Mengurangi Sekat Ruangan

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Cara efektif yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesan ruang sempit pada rumah tipe 36 adalah mengurangi sekat ruangan. Konsep ruangan terbuka sekarang ini memang semakin disukai karena terkesan lebih menarik dan cocok diaplikasikan pada rumah mungil. Anda dapat menggunakan rak sebagai sekat non permanen yang dapat dipindahkan. Untuk mengakali batas antar ruang, Anda bisa mencobanya dengan perbedaan pencahayaan ruangan atau variasi motif keramik lantai.

3. Hindari Pola yang Berlebihan Pada Ruang Tamu

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Mengaplikasikan pola-pola tertentu pada suatu ruang memang terasa menarik dan bisa membuat ruangan terasa lebih hidup dan dinamis. Akan tetapi, pada desain ruang tamu kecil di rumah tipe 36 ini, Anda jangan menata ruang dengan pola berlebihan pada interior. Dikarenakan akan membuat ruang terasa lebih sesak, padat, dan tentunya sempit.

Jika Anda memang pecinta pola, aplikasikan pola pada elemen dekoratif atau hiasan rumah seperti taplak atau bantal sofa dan biarkan elemen lainnya tampil dengan warna polos.

4. Hindari Meletakkan Barang Menghimpit Dinding

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang dalam menata furnitur dengan menggeser furnitur ke dinding rumah. Alih-alih akan membuat ruangan menjadi longgar, malah cara ini bisa membuat ruangan menjadi ruang sempit. 

Jika Anda memiliki sofa minimalis di ruang tamu yang kecil, geser sedikit sofa dari dinding, taruhlah sofa tersebut di tengah perbatasan ruang depan dan tengah. Jadi ruang satu dengan yang lainnya akan menjadi longgar.

5. Gunakanlah Cermin

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Selain mendominasikan warna-warna terang dalam desain rumah tipe 36, coba gunakanlah cermin agar ruangan tampak lebih luas dan longgar. Anda dapat mengaplikasikan cermin ke dinding untuk memenuhi sisinya atau dipasang sebagai dekorasi rumah. Namun, akan lebih baik jika cermin dipasang dalam ruangan cukup besar agar dapat memberikan cukup refleksi untuk efek visual ruangan yang terasa lebih luas dan lapang.

6. Meminimalisir Perabot

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Mengurangi perabot akan membuat rumah tipe 36 milikmu terasa lebih luas. Jadi, cobalah untuk mengutamakan perabot-perabot utama saja pada desain rumah mungil milik Anda, seperti rak, sofa, dan meja kecil. Anda bisa menata ruang dengan memasang televisi di dinding, memakai rak untuk perabot Anda (rak bumbu, rak dapur multifungsi, rak buku). Konsep minimalis modern tentu cocok karena konsep ini mengusung tema simpel untuk semua elemen dalam ruangan.

7. Memakai Furnitur Multifungsi

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Tip untuk menyiasati rumah tipe 36 supaya lebih luas adalah pemakaian furnitur Multifungsi seperti meja lipat. Meja lipat memiliki bentuk yang praktis. Apabila Anda ingin menggunakannya, Anda hanya perlu membukanya dan mengembalikannya ke posisi semula setelah selesai digunakan. Tak membutuhkan ruang tambahan, meja lipat ini menempel di dinding sehingga ruang gerak pun lebih luas. Ditambah, adanya tempat penyimpanan tambahan bisa membantu Anda saat merapikan rumah yang berantakan.

Jika Anda memanfaatkan furnitur multifungsi, Anda telah menghemat ruang pada rumah mungil yang Anda huni. Jika kamar tidur sempit dan Anda membutuhkan ekstra ruang untuk menyimpan peralatan, belilah tempat tidur yang memiliki laci/storage di bawah tempat tidur yang dapat difungsikan sebagai lemari penyimpanan. Lebih praktis bukan?

8. Pentingnya Pencahayaan

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Pastikan ruangan di rumah tipe 36 memiliki pencahayaan yang baik. Ruangan yang gelap cenderung akan menimbulkan kesan ruangan yang sempit dan sesak. Cobalah manfaatkan pencahayaan alami dengan memilih genteng kaca atau jendela yang sesuai agar ruangan tampak lebih terbuka, ya.

9. Peletakan Railing Gorden

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Kebanyakan orang meletakkan railing gorden yang dipasang agak tinggi sedikit dari garis teratas jendela. Cara ini enggak salah kok, jika Anda menginginkan rumah yang terkesan lebih luas, letakkan railing gorden di atas jendela dengan posisi bersembunyi di atas plafon ruangan. Hasilnya, ruang antara langit-langit dan lantai terlihat berjarak luas.

Dengan dibantu tirai dan gorden yang besar dan tinggi, Langit-langit akan tampak lebih tinggi dan rumah kecil kamu akan terlihat lebih luas secara vertikal.

10. Karpet Bermotif dan Berpola

10 Tip Menata Ruang di Rumah Tipe 36 Agar Terlihat Longgar

Jika Anda belum memiliki karpet untuk rumah mungil dan Anda berencana berbelanja karpet, belilah karpet dengan motif berpola kecil. Karpet dengan motif berpola kecil akan memberikan kesan ruangan di rumah tipe 36 mu menjadi lebih luas.

Menata ruang dan memilih interior rumah kecil seperti rumah tipe 36 memang perlu berhati-hati agar ruangan tidak semakin sesak. Maka dari itu, bijaklah dalam memilih jenis furnitur serta warna yang ingin Anda terapkan pada sebuah rumah mungil Anda. 

Ruang sempit bukan jadi halangan bagi kita untuk menikmati aktivitas di rumah. Anda dapat melakukan 10 tip menata ruang rumah tipe 36 di atas, ya. Kesan ruang yang lebih luas bisa Anda rasakan dengan tip-tip di atas. Bagaimana, tidak sulit bukan untuk menata ruang rumah tipe 36 agar telihat longgar?

Selamat mencoba ya!


No comments

Powered by Blogger.