7 Model Tangga Rumah yang Umum Dipakai di Rumah-Rumah Indonesia!

7 Model Tangga Rumah yang Umum Dipakai di Rumah-Rumah Indonesia!

Tangga merupakan bagian penting dari sebuah hunian karena memiliki fungsi sebagai penghubung utama antar lantai. Model tangga rumah pun sekarang cukup beragam. Tak hanya berbentuk lurus dengan dua railing, tetapi kini tangga memiliki desain yang cukup beragam bahkan terkesan unik dengan material-material yang tak terpikirkan sebelumnya. 

Bagi Anda yang memiliki atau sedang berencana untuk membangun rumah bertingkat, tangga adalah elemen penting yang akan menjadi akses dan sirkulasi untuk bertransisi dari satu lantai ke lantai berikutnya. Jika tangga rumah Anda berada di area yang mudah terlihat, tangga dapat menjadi point of interest yang menarik pada hunian Anda.

Ada banyak sekali variasi model tangga rumah yang berkembang saat ini. Mulai dari pemilihan material dan finishing yang beragam, penggunaan lampu, railing, permainan warna, hingga pengolahan bentuk tangga itu sendiri. 

Berikut ini 7 model tangga rumah yang umum dipakai di rumah-rumah Indonesia!

Tangga Spiral

7 Model Tangga Rumah yang Umum Dipakai di Rumah-Rumah Indonesia!

Sesuai namanya, model tangga rumah ini berputar dan melengkung membentuk bentukan spiral. Banyak pilihan material yang dapat digunakan pada tangga jenis ini, tergantung tema yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan material besi yang dicat putih dan kayu untuk menciptakan kesan klasik. Atau jika Anda ingin menciptakan kesan tangga minimalis modern, Anda dapat menggunakan material kaca pada railing tangga.

Anda bisa memilih tangga spiral untuk model tangga rumah yang pembuatannya cukup menghemat biaya. Desain cukup memakan tempat untuk ruangan yang mungil. Akan tetapi desain tangga rumah ini kurang pas untuk Anda yang memiliki anak kecil karena tingkat keamanannya yang lebih rendah dibanding desain tangga lainnya.

Tangga Minimalis

7 Model Tangga Rumah yang Umum Dipakai di Rumah-Rumah Indonesia!

Rumah yang minimalis perlu diperkuat dengan model tangga rumah yang juga harus minimalis. Desain tangga di atas sangat simpel dengan memanfaatkan pelat besi pada railing yang dicat warna putih lalu pelapis bawah setiap pijakan anak tangga menggunakan kayu. Pada sisi kiri ada railing sehingga di beberapa ujung anak tangga diberikan pot tanaman sebagai penghias tangga.

Tangga Klasik

7 Model Tangga Rumah yang Umum Dipakai di Rumah-Rumah Indonesia!

Model tanggal rumah klasik sudah ada sejak lama, namun kenyataannya masih banyak orang yang menginginkan gaya klasik pada rumahnya. Tak dapat dipungkiri, gaya klasik tak bisa lepas dari kesan mewah. Anda dapat menggunakan bahan marmer atau porselen pada anak tangga. Sedangkan pada railing, ruji besi yang dimodifikasi secara apik dapat membentuk motif menarik dan akan lengkap bila dikombinasikan dengan pegangan railing material kayu.

Tangga Industrial

7 Model Tangga Rumah yang Umum Dipakai di Rumah-Rumah Indonesia!

Konsep industrial di era sekarang sangat populer dan banyak diminati. Terbuat dari semen tanpa di-finishing membuat tangga mampu memberikan kesan yang kokoh dan “maskulin”. Agar semakin terlihat industrial, besi bisa digunakan sebagai pegangannya. Model tangga rumah pun semakin kece dengan gaya industrial ini.

Tangga Sekaligus Rak Buku

7 Model Tangga Rumah yang Umum Dipakai di Rumah-Rumah Indonesia!

Perpaduan antara model tangga rumah dan rak buku adalah sebuah solusi efektif yang bisa menambah ruang penyimpanan buku Anda, tanpa harus mengorbankan kesan minimalis yang ingin Anda capai. Anda bisa mengisi bawah tangga sebagai rak buku. 

Anda bisa mengecatnya dengan warna putih yang bersih dan elegan, desain tangga minimalis ini memiliki garis tegas yang sederhana dan dipercantik dengan sebuah pegangan tangga simpel di bagian sisi dindingnya.

Tangga Sekaligus Storage Multifungsi

7 Model Tangga Rumah yang Umum Dipakai di Rumah-Rumah Indonesia!

Banyak dijumpai rumah-rumah berlantai lebih dari satu tetapi berlahan sempit. Di saat Anda membutuhkan model tangga rumah yang bagus, Anda juga membutuhkan rak atau organizer untuk menyimpan barang-barang Anda sekeluarga. Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan model tangga rumah ini.

Seluruh bagian tangga terlihat bergaya klasik dengan perpaduan warna putih dan coklat muda. Gunakan ruang bawah tangga sebagai storage. Anda bisa mengaturnya agar rumah Anda terlihat rapi.  

Tangga Melayang

7 Model Tangga Rumah yang Umum Dipakai di Rumah-Rumah Indonesia!

Model tangga rumah ini memang sedang ngetren di kalangan rumah milik pasangan milenial. Desain tangga rumah ini tidak benar-benar melayang ya, karena anak tangganya ditanam pada dinding beton yang ada di sebelahnya.

Desain tangga jenis ini biasanya menghilangkan beberapa aturan, misalnya tidak adanya railing di salah satu sisi atau bahkan keduanya. Untuk faktor keamanan, setiap anak tangga dibuat lebih lebar agar secara psikologis seseorang berjalan ke sisi yang mendekat ke dinding.

Anda bisa membuat model tangga rumah ini dengan bahan besi. Proses pembuatan tangga besi yang dilakukan oleh profesional dengan material berkualitas ini terjamin keamanannya, sehingga Anda tidak perlu takut tangga besi ini akan roboh. Cukup perhatikan gerakan kakimu saja ketika hendak menaikinya agar tidak terpeleset. Desainnya sendiri sangat sleek dan elegan, bukan?

Setiap desain rumah sebaiknya dibarengi dengan model tangg rumah yang sesuai. Penting diperhatikan pula siapa penghuni rumah tersebut sehingga tangga yang dirancang juga disesuaikan untuk menghindari kecelakaan di area tangga. Maka dari itu, sebaiknya ada campur tangan arsitek atau desainer interior agar tangga di rumah Anda terjamin keamanannya.

Itulah 7 model tangga rumah yang umum dipakai di rumah-rumah Indonesia. Ternyata ada banyak, ya ide untuk model tangga rumah yang desainnya pun sungguh keren. Semoga salah satu dari ketujuh ide tadi bisa menginspirasi Anda dan membuat tampilan interior rumah semakin elegan ya!


No comments

Powered by Blogger.