Bingung Memilih Meja Makan? Simak Tip dan Triknya di Sini, Yuk!

Bingung Memilih Meja Makan


MYBIGPROPERTY.COM - Perkara memilih perabotan memang selalu menantang, dan kadang membingungkan. Apalagi apabila perabotan itu merupakan barang penting yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan. Memilih meja makan, salah satunya.

Perabot yang satu ini mungkin terlihat sepele, namun kehadirannya sangatlah penting karena di sanalah biasanya keluarga akan berkumpul untuk menikmati makanan bersama seraya bercengkrama untuk mengeratkan rasa kasih sayang antar keluarga. 

Terdapat begitu banyak jenis meja makan, mulai dari bahannya, ukuran, sampai bentuknya. Nah, jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan dan memilih meja makan, artikel kali ini akan membahas berbagai pertimbangan dalam menenutukan pilihan dan ukuran meja makan, beserta tip-tip yang bisa diterapkan. 

Penasaran? Simak terus ya, jangan sampai ketinggalan!

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Meja Makan

1. Ukuran meja makan

Hal pertama yang harus diketahui dalam memilih meja makan adalah menentukan ukurannya dengan tepat.

Anda harus menentukan jarak antara dinding ke meja makan agar orang dapat dengan mudah duduk dan berdiri di sana. Beri jarak kurang lebih semester antara sisi meja terluar dengan dinding, sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan saat akan duduk maupun bangkit dari meja makan. 

Jika Anda kesulitan membayangkannya, Anda bisa mencoba menggunakan matras yang dilipat, dan letakkan di mana Anda ingin meletakkan meja makan, lipat sesuai dengan ukuran meja yang diinginkan dan mulailah mengukurnya. 

Apabila terdapat perabotan lain di ruang makan, jarak satu meter itu dibutuhkan dari perabotan, bukan lagi dari dinding untuk memudahkan pergerakan.

2. Jarak antar kursi

Jangan memaksakan untuk meletakkan kursi yang terlalu banyak di meja makan. Jarak antar orang yang akan duduk di meja itu haruslah cukup memberi ruang personal, sehingga siku mereka tidak akan bergesekan saat duduk di sana. 

Tempatkan kursi secukupnya sesuai dengan ukuran meja. Hindari juga meletakkan barang yang terlalu banyak di sana, idealnya, Anda bisa meletakkan satu atau dua buah vas kecil untuk mempercantik tampilan, namun pada prakteknya, dekorasi semacam ini hanya akan mengganggu aktivitas saat makan bersama. 

3. Jika Anda memilih meja makan berbentuk bundar

Meja makan yang berbentuk bundar cocok ditempatkan di ruangan kecil, karena akan membuat ruangan tampak lebih luas, serta dirasa lebih aman karena mengurangi resiko kecelakaan saat menabrak meja karena tidak memiliki sudut yang tajam.

Selain itu, meja bundar dirasa akan memberi ruangan yang lebih banyak untuk meletakkan kursi-kursi sehingga akan menampung tamu dengan jumlah yang lebih banyak. Anda bisa mencoba meletakkan kuri-kursi akrilik yang transparan untuk memamerkan keindahan meja, serta memberi tampilan visual ruangan yang lebih luas. 

Namun, ada kelemahan untuk meja bundar ini. Jika Anda memakai meja dengan ukuran yang besar, akan ada kesulitan saat menjangkau makanan yang berada di tengah meja. Lebih baik menggunakan meja persegi panjang yang tidak terlalu lebar apabila sedang mencari meja makan untuk jamuan lebih dari 8 (delapan) orang. 

4. Jika Anda memilih meja makan berbentuk persegipanjang

Untuk ruangan yang panjang dan sempit, meja yang berentuk persegi panjang akan sangat direkomendasikan karena bentuknya sesuai untuk mengisi ruangan. Dengan bentuk persegi panjang yang mirip bentuk ruangan, akan membuat lalu lintas di sana tidak akan terganggu. 

Untuk menghemat pemakaian ruangan, Anda bisa menggunakan bangku panjang, alih-alih kursi makan biasa, sehingga pada saat tidak digunakan, Anda bisa menyimpannya di bawah meja. Hal ini akan membuat ekstra space di ruang makan. 

Patut dicoba ya, bagi yang memiliki ruang makan terbatas.

5. Jika Anda memilih meja makan berbentuk persegi

Meja persegi akan menciptakan suasana yang lebih dekat dan akrab, karena jumlah orang yang duduk berhadapan dalam keempat sisinya adalah sama. 

Meja ini cocok ditempatkan di ruang yang berbentuk persegi, atau bisa juga diletakkan secara outdoor di balkon apabila ukurannya mungil. Anda bisa melakukan dinner romantis bersama pasangan dengan menggunakan meja ini baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. 

Seperti halnya meja bundar, meja persegi ini juga memiliki kekurangan. Apabila terlalu besar, Anda akan kesulitan menjangkau makanan di sana. 

Pada prinsipnya dalam memilih segala sesuatu, hal utama yang harus diperhatikan adalah kebutuhan dan fungsinya. Begitu juga ketika Anda hendak memilih meja makan.

Selain itu, ukuran dan harga juga menjadi pertimbangan lain yang harus diperhatikan. 

Demikianlah sedikit tip dalam memilih meja makan yang cocok untuk rumah Anda. Apakah menurut Anda artikel kali ini bermanfaat? (adelliarosa)

No comments

Powered by Blogger.