7 Cara Membuat Ruangan Sesuai dengan Kepribadian

7 Cara Membuat Ruangan Sesuai dengan Kepribadian


MYBIGPROPERTY.COM - Keadaan ruangan tempat tinggal, baik apartemen, kamar kos, atau rumah sendiri biasanya mencerminkan kepribadian penghuninya. Ruangan yang dinilai sesuai dengan kepribadian biasanya akan menghasilkan perasaan nyaman dan betah, sehingga meningkatkan kualitas hidup di dalamnya. 

Bagaimana tidak, kita bisa bayangkan bagaimana rasanya tinggal di sebuah ruangan yang penuh furnitur bergaya Victorian yang mewah dan rumit, padahal sebenarnya yang disukai hanyalah kamar yang modern dan minimalis?

Atau, bagaimana bisa betah tinggal di dalam kamar yang bernuansa gothic dan gelap sementara pribadi kita adalah seseorang yang ceria dan menyukai warna-warna lembut? 

Tentu hal-hal itu akan memengaruhi kenyamanan dan tingkat kewarasan, bukan?

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mengupas bagaimana cara membuat ruangan sesuai dengan kepribadian. Namun jangan khawatir, tip-tip yang ada tidak membutuhkan bujet selangit, kok! 
Mau tahu caranya? Simak, ya!

7 Cara Membuat Ruangan Sesuai dengan Kepribadian Penghuni

1. Memajang karya seni

Meski bukan seniman yang menghasilkan karya seni yang sudah diakui, tidak ada salahnya memajang karya seni yang bisa mempercantik tampilan ruangan. Pilih lukisan, foto, atau ilustrasi yang paling sesuai dengan selera, dan tempatkan di dinding. Beberapa kaarya seni bisa digantung sekaligus untuk memperindah dinding yang terlihat kosong dan membosankan. 

Kita bisa membuat sendiri karya seni sederhana untuk mempertegas personalisasi kamar yang kita tempati. Mudah saja, tempelkan beberapa lampu tumblr di dinding, lalu jepit foto-foto polaroid untuk menghasilkan nuansa rustic dan edgy. 

Kita juga bisa memajang hasil kolase dari foto-foto lama yang sudah dibingkai. Sayang, kan kalau fotonya hanya disimpan saja?

2. Buku-buku

Kehadiran buku tak dapat dipisahkan meski kita hidup di era digital seperti sekarang. Seriap orang, pasti memiliki minat dan kesukaan masing-masing. Hal ini bisa tercermin dari buku-buku yang dimiliki. Nah, daripada buku-buku itu berdebu di dalam rak, tidak ada salahnya Anda mulai mengeluarkannya dan memajangnya di tempat yang lebih terlihat. 

Misalnya, di atas nakas, di samping kasur, atau di rak terbuka. Jika anda memiliki koleksi buku-buku langka dan limited edition, mungkin inilah saatnya memamerkan keberadaan mereka. 

3. Meletakkan tanaman

Tanaman tidak hanya menambah estetika, namun juga berguna untuk mengurangi stres. Pilih tanaman yang mudah dirawat seperti lidah buaya, dracaena, philodendron, atau sukulen. Anda bisa meletakkannya di sudut-sudut ruangan agar terlihat asri dan segar. 

Untuk keberadaan tanaman, ada baiknya Anda mempelajari dulu dasar-dasar merawat tanaman, karena jika tanaman yang sedianya untuk menghias ruangan dibiarkan layu, kamar akan terlihat kumuh dan tidak terawat. 

4. Memilih lampu

Lampu standar sangatlah ketinggalan zaman. Untuk membuat ruangan terasa begitu personal, tidak ada salahnya untuk mencoba mengganti lampu biasa di meja dengan lampu baru yang memiliki bentuk-bentuk unik yang sesuai selera. 

Lampu dengan bentuk unik dan tidak lazim ini bisa dengan mudah didapatkan di marketplace dengan harga yang beragam.

5. Menggelar karpet

Keberadaan karpet bisa mengubah tampilan ruangan secara instan. Dibandingkan lantai yang polos terkesan dingin dan biasa. Anda bisa mencoba karpet dengan motif unik untuk mengekspresikan diri yang dinamis, maupun karpet polos yang menghadirkan kesan minimalis, pilih jenis karpet yang sesuai dengan bujet dan keinginan.

6. Menyediakan bantal-bantal

Bantal yang cantik dapat membuat sofa usang menjadi tampak menarik, dan bahkan bisa digunakan untuk duduk di lantai saat banyak orang datang mengunjungi. Anda bisa memilih motif dan ukuran bantal yang beragam untuk menghadirkan kesan unik. Atau, pilih beberapa bantal dengan warna monokrom untuk mendapat suasana yang clean and cozy.

Untuk menghadirkan suasana bohemian, misalnya, Anda bisa memilih bantal-bantal bundar besar berwarna-warni yang seketika bisa mencerahkan suasana. 

7. Bau-bauan

Aroma adalah salah satu kunci penting menjaga kenyamanan ruangan yang kita tempati. Anda bisa menghadirkan aroma citrus segar untuk membangkitkan semangat, atau mengubahnya menjadi aroma lavender jika membutuhkan ketenangan dan rileksasi. 

Aroma tersebut bisa dihasilkan melalui difuser, lilin aromaterapi, atau menggunakan bahan-bahan alami seperti bunga-bungaan yang diletakkan di dalam wadah berisi air. Jika memilih bahan-bahan alami, pastikan menggantinya beberapa hari sekali untuk menghindari layu. 

Semoga bermanfaat! (adelliarosa)

No comments

Powered by Blogger.