Rumah Anda Diserang Rayap?




MYBIGPROPERTY.COM - Rumah bisa saja ambruk lantaran diserang binatang-binatang kecil yang disebut rayap ini lo. Apalagi jika rumah Anda didominasi oleh kayu. Inilah sebenar-benarnya ancaman yang seperti bom waktu.


Yang Harus Anda Ketahui tentang Rayap

Binatang rayap ini menyukai makanan yang berasal dari tumbuhan. Maka segala bahan yang mengandung komponen pokok kayu, seperti karton, kertas, papan, kain bahkan kapas, bisa menjadi sasaran mereka.

Dan, Anda pasti tahu kan, bahwa komponen bahan bangunan yang sebagian besar kayu itu juga yang sering diserang di rumah-rumah tinggal.

Pada umumnya, rayap menyerang bangunan melalui berbagai cara, antara lain:

  • Merusak bagian konstruksi dari kayu uang langsung berhubungan dengan tanah, seperti tiang-tiang kayu, dinding kayu, maupun perabotan.
  • Merayap ke berbagai penjuru bangunan melalui celah-celah yang terdapat pada bagian fondasi, dinding, atau di antara plesteran yang kurang rapat.
  • Langsung ke bagian-bagian bagunan dengan membuat jalan-jalan perlindungan yang kadang-kadang sukar ditembus.

Bagian Rumah yang Rentan Serangan Rayap

Yang paling mudah diserang rayap pada bangunan antara lain:
  • Bagian tanah yang mendapat urugan tanah baru merupakan tempat koloni rayap untuk berkembang biak. Batu, tonggak, atau rumput yang tertimbun akan membentuk rongga yang sangat disukai rayap.
  • Fondasi atau bagian dinding yang retak di bawah permukaan tanah juga menjadi tempat tinggal mereka. Dari celah-celah retakan itu, mereka masuk ke dalam bangunan. Jadi, sebaiknya pastikan fondasi dibuat kuat dan bertulang.
  • Kusen kayu yang langsung berhubungan dengan lantai juga akan sangat mudah diserang rayap. Oleh karenanya, kusen pintu haruslah diberi kaki beton (locis) agar tidak berhubungan langsung dengan lantai atau tanah.
  • Ruang yang lembap akibat peredaran udara tidak berlangsung baik atau karena pengaruh AC dapat menyebabkan pembusukan pada material kayu. Ini salah satu yang disukai oleh koloni rayap.
  • Dinding bata yang tidak diplester termasuk yang disukai oleh rayap. Dinding ini menjadi salah satu jalan terbaik bagi rayap untuk mencapai daerah langit-langit atau plafon.
Rayap adalah jenis serangga yang cerdik dalam mencari sasaran. Celah sekecil 0,4 mm sudah cukup baginya untuk menyebar ke mana saja.

Jadi, jangan menganggap rumah dari batu ataupun beton itu lebih aman ketimbang rumah kayu ya.

No comments

Powered by Blogger.