Ingin Meningkat Rumah? Ceklis Ini Bisa Bantu Anda

Ingin Meningkat Rumah? Ceklis Ini Bisa Bantu Anda


MYBIGPROPERTY.COM - Anda hendak memperluas rumah dengan menambah lantai di atas, alias meningkat rumah?

Ceklis berikut ini bisa bantu Anda sebelum memulai proyek meningkat rumah

1. Tentukan alasan meningkat rumah

Tentukan alasan Anda memperluas ruangan di rumah. Apakah Anda ingin memperlebar ruang keluarga, atau mungkin menambah kamar tidur untuk anak-anak yang sudah besar?

Kejelasan ini membantu Anda menentukan prioritas pembangunan, termasuk pembiayaan proyek meningkat rumah nantinya.


2. Cek luas

Cek area yang bakal Anda gunakan untuk meningkat rumah. Hanya sebagian dari luas rumah yang ada sekarang? Atau mau semuanya ditingkat?

Ini akan memengaruhi pola tata ruang baru dengan ruang yang sudah ada. Cek juga luasnya, kalau terlalu kecil atau sempit, Anda dapat melakukan penggabungan dua fungsi agar lebih multifungsi dan hemat ruang.


3. Siapkan dana

Pastikan dana Anda cukup tersedia. Kalau perlu, sediakan 10-20 % lebih besar daripada jumlah anggaran bangunan.

Hal ini akan dapat membantu Anda mengantisipasi perubahan kenaikan harga material, misalnya akibat dampak kenaikan BBM atau sejenisnya,

Jika dana terbatas, buat skala prioritas pembangunan. Bangun ruang yang paling penting dulu, yang lain bisa menyusul kemudian.


4. Cek struktur lama

Merenovasi dengan meningkat rumah tak selalu harus mengganti struktur lama. Periksa tiang, balok, dan rangka atap yang lama jika Anda bakal menyambung ke ruangan baru.

Jika renovasi hanya memperbaiki kualitas ruang, seperti mengganti dinding lama, atau mengubah letak jendela ataupun pintu kamar, maka Anda tidak akan perlu untuk membuat struktur baru.


5. Manfaatkan material lama

Periksa apakah ada material lama yang masih bisa dipakai lagi. Dinding bata, kusen, pintu, papan semen, termasuk keramik yang masih baik.

Siapa tahu kondisinya masih bagus sehingga Anda hanya perlu untuk memolesnya lagi supaya tampak lebih baru. Dengan demikian, anggaran dapat digunakan untuk keperluan yang lain.


6. Meminta bantuan kontraktor

Selanjutnya, pertimbangkan apakah Anda hendak mengerjakan semua sendiri ataukah meminta bantuan pada mereka yang lebih profesional.

Pastinya akan lebih baik jika ada orang yang benar-benar tahu seluk beluk renovasi rumah yang membantu Anda. Rundingkanlah bagaimana enaknya untuk menyelesaikan proyek ini--termasuk pembayaran, serta target kerja.



7. Izin tetangga dan keamanan kompleks

Selain kelengkapan IMB, Anda juga perlu memberi tahu tetangga kiri-kanan serta depan-belakang rumah saat proyek renovasi meningkat rumah Anda dimulai.

Juga informasikan hal ini pada keamanan atau satpam kompleks, jika ada, agar mereka bisa mengenali kendaraan proyek yang akan keluar masuk .


Nah, semoga proyek renovasi meningkat rumah Anda berjalan lancar ya!

No comments

Powered by Blogger.