Mau Bekerja dari Rumah, Tanyakan Dulu 5 Hal Ini Agar Bisa Menata Ruang Kerja yang Nyaman



Zaman sekarang, semakin banyak orang lebih memilih untuk bekerja dari rumah. Jika Anda juga salah satu dari mereka--para pekerja dari rumah ini--yang pertama kali harus Anda siapkan adalah tempat kerja.

Untuk dapat memperlancar Anda dalam menata tempat untuk bekerja dari rumah, ada beberapa pertanyaan terkait definisi ruang kerja yang nyaman yang harus Anda jawab sendiri.


5 pertanyaan terkait keperluan Anda untuk bekerja dari rumah dengan nyaman


1. Jenis pekerjaan apa yang akan dilakukan dari rumah ini?

Jenis pekerjaan yang Anda lakukan saat bekerja dari rumah tentu saja memengaruhi ruang kerjanya. Yang bekerja sebagai penulis tidak membutuhkan ruangan sebesar instruktur senam, misalnya.

Oleh karena itu, coba Anda bayangkan, kira-kira berapa besar ruangan yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan yang Anda lakukan.


2. Apakah pekerjaan Anda akan membutuhkan team work, atau cukup sendiri saja?

Seseorang yang bekerja dari rumah sebagai single fighter akan melakukan semua pekerjaannya sendiri. Misalnya saja akuntan, yang sibuk sendiri.

Berbeda dengan seorang arsitek yang butuh kerja tim, sehingga perlu ruang kerja yang lebih besar.


3. Akankah Anda menerima tamu?

Namanya kerja, meski itu bekerja dari rumah, tentu menjalin hubungan dengan banyak orang. Tapi, seorang penjahit akan membutuhkan juga sofa-sofa empuk bagi tamunya.

Sedangkan seorang guru bahasa private-online cukup punya backdrop keren, atau sekadar dinding berlapis wall paper yang bermotif bagus untuk melakukan banyak video calling dengan para murid.


4. Berhubungan dengan banyak kertas, atau barang?

Jika Anda seorang agen asuransi, maka pasti akan berhubungan dengan banyak kertas. Berbeda cerita jika Anda punya toko online, yang tentunya butuh ruang penyimpanan untuk menaruh stock barang.


5. Bagaimana dengan jam kerjanya?

Seorang desainer grafis bergantung lebih pada mood dan ide, sehingga jam kerjanya relatif fleksibel. Di sisi lain, seorang psikolog yang bekerja dari rumah pastinya tetap punya jadwal praktik.

Jika jam kerja Anda fleksibel, bisa menempati sebuah ruangan strategis yang dekat dengan ruang-ruang lain di dalam rumah. Sebaliknya, jika terjadwal, sebaiknya memiliki ruangan yang tersendiri agar lebih profesional dan lebih fokus.



Nah, semoga jawaban-jawaban Anda sendiri atas 5 pertanyaan di atas sudah dapat membantu Anda menyiapkan ruang untuk bekerja dari rumah dengan lebih baik ya.

Selamat bekerja!

No comments

Powered by Blogger.