5 Cara Mengusir Hewan Pengganggu dari Rumah Secara Alami



MYBIGPROPERTY.COM - Saat musim hujan, rumah sering kedatangan tamu asing? Misalnya seperti kecoa, tikus, ular, dan teman-temannya? Coba lakukan beberapa cara mengusir hewan pengganggu secara alami berikut ini.


Cara Mengusir Hewan Pengganggu dari Rumah

1. Cara Mengusir Tikus

Anda pasti sering melihat pohon bintaro, yang kini banyak ditemui sebagai tanaman penghijauan di beberapa ruas jalan dan perumahan. Rantingnya yang kurus menjualng dan daun yang mirip daun kemboja sangat cocok menjadi pelengkap rumah bergaya tropis.

Di balik teduhnya pohon bintaro, ternyata banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan. Salah satunya, buah bintaro yang mirip buah avokad ini mengandung cerberin yang dapat mengusir tikus. Kandungan racun syaraf cerberin terdapat dalam dagingnya.

Untuk mengusir tikus, cukup letakkan saja buah bintaro di area-area yang sering dilalui oleh tikus. Tak perlu kita kupas atau potong, cukup letakkan saja. Bau buah bintaro yang menyengat akan membuat tikus menjauh.


2. Cara Mengusir Nyamuk

Musim hujan bisa berarti juga musim nyamuk. Salah satu cara untuk mengusir nyamuk dari rumah adalah dengan memanfaatkan serai.

Bumbu dapur yang kerap digunakan dalam masakan soto, gulai, dan rawon ini memiliki aroma yang dapat mengusir nyamuk. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan:

  1. Tambahkan beberapa tetes minyak serai ke dalam ember kecil berisi air. Lalu gunakan untuk mengepel lantai seluruh ruang di rumah. Ulang kembali setelah 2 hari, atau sesering mungkin.
  2. Gunakan beberapa tetes minyak serai atau potongan batang serai dalam pot aromaterapi. Nyalakan di beberapa tempat, terutama di ruang keluarga. Jika menggunakan potongan batang serai, gantilah dengan yang baru jika air sudah habis menguap.

3. Cara Mengusir Ular

Waspadai lubang-lubang pembuangan air dan akses-akses dari lingkungan sekitar menuju rumah yang masih terbuka, karena rawan dimasuki hewan liar. Ular, misalnya.

Tapi, tenang. Ternyata trik mengusir ular keluar dari rumah ini cukup sederhana. Ijuk dapat dimanfaatkan untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah. Bahan ini mudah sekali didapat.

Pasanglah ijuk di lubang-lubang pembuangan air dan akses lain yang menuju rumah. Ujung ijuk yang tajam dapat menggores kulit ular yang lebih lembut, sehingga ular cenderung menghindarinya.


4. Cara Mengusir Kecoa

Kecoa bukan hanya menjijikkan, tapi juga membawa penyakit-penyakit berbahaya, seperti diare, demam tifoid, hepatitis sampai kolera. Bahkan jika terinjak, isi perut kecoa juga bisa menyebarkan bakteri parasit, seperti bakteri penyebab infeksi akut saluran napas dan saluran kemih dan juga bakteri penyebab tipus.

Kita bisa memanfaatkan baking soda dan mentimun untuk mengusir kecoa.

Caranya juga cukup simpel. Campur gula pasir dan baking soda dengan porsi yang sama. Aduk rata dan sebarkan di tempat-tempat kecoa muncul, sehingga mereka tertarik dan memakannya. Setelah termakan, kecoa akan mati. 

Sedangkan cara mengusir kecoa dengan mentimun juga mudah. Siapkan sebuah kaleng, lalu iris-iris mentimun dan letakkan di dalam kaleng. Taruh kaleng di tempat-tempat kecoa muncul. Kecoa yang penasaran akan masuk ke dalam kaleng, lalu menghirup bau mentimun yang bereaksi dengan kaleng hingga mati.


5. Cara mengusir semut

Semut-semut yang muncul di beberapa bagian rumah, kadang cukup mengganggu ya? Selain suka mengerubungi makanan, beberapa jenis semut juga suka menggigit. Badan jadi bentol-bentol deh.

Jika tak betah dengan semut-semut pengganggu, kita bisa mengusirnya dengan cuka, bisa cuka apel atau cuka putih biasa. Caranya, semprotkan cuka di jalur-jalur yang dilalui semut. Bau cuka yang kuat, membuat semut tak suka dan menghindarinya.


Nah, semoga dengan beberapa cara mengusir hewan pengganggu di atas, rumah kita aman selama musim hujan ya.

No comments

Powered by Blogger.