Agar Si Kecil Tetap Nyaman saat Harus Pindah Rumah



MYBIGPROPERTY.COM - Si kecil biasanya sudah merasa nyaman dengan tempat tinggalnya yang lama. Apalagi jika ia sudah mempunyai teman yang dekat. Jika memang keluarga Anda harus pindah rumah, maka bisa saja hal ini menjadi masalah.

Agar si kecil tak galau saat harus pindah rumah, maka lakukan beberapa cara berikut.



Sebelum Pindah Rumah


  1. Ajak si kecil untuk mengunjungi rumah yang akan dihuni, bahkan sejak masih dibangun. Semakin sering Anda mengajaknya, semakin cepat ia akan beradaptasi. Jika ada unit contoh di dalam kompleksnya, Anda bisa mengajaknyanya masuk dan melihat-lihat. Tunjukkanlah ruangan-ruangan di dalam rumah tersebut, terutama di mana kamarnya nanti. Ajak ia untuk ikut memikirkan barang-barang yang akan ditaruhnya di kamar.
  2. Ajak si kecil melihat-lihat sekolah, jika sekolahnya juga ikut pindah. Mensosialisasikan lingkungan rumah baru kepada si kecil akan membuatnya lebih siap tinggal di lingkungan baru dengan teman-teman baru pula.

Ketika Pindah Rumah

  1. Libatkan anak untuk ikut mengemasi dan membereskan barang-barang miliknya sendiri. Taruh semua dalam boks-boks khusus, dan tulis nama si kecil serta barang-barang yang ada di dalamnya, lalu tempel di boks. Hal ini bisa menjadi kesempatan untuk mengajarkan arti tanggung jawab pada si kecil lo.
  2. Lelah dan repot, itu wajar terjadi saat kita sedang pindah rumah. Karena itu, tetaplah tenang dan saling mengingatkan kalau emosi mulai mengambil alih lantaran kelelahan. Buat supaya acara pindah rumah dalam kondisi yang selalu ceria.
  3. Prioritaskan untuk membersihkan dan membereskan kamar si kecil terlebih dahulu. Libatkan anak untuk ikut bersih-bersih kamarnya. Jika ia sudah lelah dan mengantuk, maka kamar pun sudah siap.

Setelah Pindah Rumah

  1. Ajak si kecil untuk ikut mendekorasi rumah, terutama kamarnya sendiri. Tambahkan pernak-pernik lucu untuk dipajang di kamarnya.
  2. Segera ajak si kecil untuk berkenalan dengan tetangga baru. Selain akan penting bagi Anda sendiri, siapa tahu si tetangga juga punya anak seumuran kan? Si kecil bisa sekalian berkenalan deh.
  3. Bersabarlah, jika semua sudah dilakukan tapi si kecil masih kurang bisa beradaptasi. Ia mungkin butuh waktu lagi untuk menyesuaikan diri. Luangkan waktu selalu untuk menemaninya dan mengajaknya mengobrol.

Nah, semoga dengan beberapa tip di atas, si kecil dan keluarga Anda bisa segera merasa nyaman di rumah baru ya.

No comments

Powered by Blogger.