Cara Merawat AC supaya Lebih Awet



MYBIGPROPERTY.COM - Zaman sekarang sepertinya sudah tak ada rumah yang tak dilengkapi dengan AC, alias Air Conditioner. Sudah menjadi kebutuhan sepertinya, mengingat cuaca yang semakin tak bersahabat. Tapi tak hanya sekadar pakai, kita pun harus rajin merawat AC.

Semua itu karena kunci keawetan AC adalah pada perawatan yang teratur. Merawat AC itu tujuannya ada 2, yaitu supaya AC-nya sendiri awet, tak gampang rusak, dan jadi lebih hemat energi. Karena AC yang kurang terawat itu biasanya lantas ngefeknya ke tagihan listrik yang melonjak.

Nah, lalu, apa saja yang bisa kita lakukan dalam merawat AC supaya awet dan tetap hemat energi?

5 cara sederhana merawat AC agar lebih awet


1. Bersihkan dan ganti filter secara teratur

Merawat AC dengan teratur membersihkan dan mengganti filternya itu sama pentingnya dengan merawat mobil dan mengganti pelumas serta filternya.

Namanya filter, maka fungsinya adalah menyaring. Pada AC, yang disaring adalah debu agar tak menyumbat dan menempel pada evaporator. Kalau tidak sering dibersihkan dari debu, udara yang melewati filter jadi berkurang karena adanya debu yang menghalangi.

Akibatnya? Ya, AC-nya jadi nggak dingin lagi. Kalau AC nggak dingin, biasanya kemudian yang kita lakukan adalah menurunkan lagi suhunya. Jadinya, makin boros energi deh.

Saat tertentu, filter butuh diganti karena sudah terlalu banyak menampung debu hingga jenuh.


2. Cek selalu kondisi remote control

Merawat AC tak melulu cek unit AC-nya saja. Perhatikan juga remote control-nya, apakah bekerja dengan baik atau tidak. Jaga supaya nggak keseringan terjatuh atau terbanting dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Jika Anda punya yang model lama, ada baiknya diganti dengan model remote control yang baru, yaitu jenis yang programmable. Dengan remote control yang programmable ini, Anda bisa mengeset sesuai kebutuhan.

Misalnya, saat kita pergi AC mati. Kita bisa menyettingnya untuk menyala dan mendinginkan ruangan 30 menit sebelum kita pulang. Jadi, saat pulang kan jadinya ruangan rumah sudah dingin. Pastinya lebih hemat ketimbang membiarkan AC menyala terus selama kita nggak di rumah kan?

Atau, kalau zaman sekarang ada AC yang punya Wifi Smart Control. Jadi, meski kita tidak di rumah, kita bisa dengan mudah mengontrol AC melalui smartphone.


3. Cek kipas kondensor secara berkala

Untuk selalu diingat, selalu matikan unitnya jika Anda sedang merawat AC ya. Sekarang giliran kipas di bagian kondensor di luar ruangan nih yang juga perlu sesekali diperiksa.

Bukalah tutup kondensornya, kemudian periksalah apakah ada retak atau pecahan pada lempengan kipasnya. Kalau ada, segera panggil teknisi profesional untuk membantu Anda mengganti kipas kondensor.

Jika Anda mempunyai AC dengan model lama, barangkali bantalan motor kipasnya juga perlu diminyaki secara teratur.


4. Cek juga kondisi unit outdoor

Merawat AC bukan cuma pada unit yang berada dalam ruangan saja, tapi juga membersihkan debu-debu yang menempel pada unit outdoor.

Setelah cek kipasnya, perhatikan juga tempat di mana unit outdoor berada. Apakah tetap bersih ataukah sudah tertutup rumput? Atau banyak tanaman yang mengganggu? Kalau iya, sekarang waktunya bersih-bersih deh. Pangkas tanaman-tanaman yang menutup unit outdoor. Kalau letaknya di atas tanah, pastikan tidak ada rumput yang mengganggu juga.

Cek juga apakah masih terbebas dari sinar matahari langsung dan juga hujan?


5. Cek pemakaian kita sehari-hari

Merawat AC juga berarti soal pemakaian kita sehari-hari. So, meski mungkin hal-hal berikut ini sudah selalu dan biasa Anda lakukan, tapi ada baiknya untuk diingat kembali ya.


  • Jangan mengatur suhu terlalu rendah. Dari berbagai sumber disebutkan, bahwa suhu ideal untuk AC adalah 22 derajat Celcius. Kalau di bawah 22 derajat Celcius, energi yang dibutuhkan akan lebih besar.
  • Matikan AC jika kita tidak berada di rumah, karena energinya akan sangat boros.
  • Saat mulai membeli AC, sesuaikan PK AC dengan luas ruangan yang akan dipasangi AC.
  • Ruangan yang penuh dengan bukaan dan kaca, akan cenderung menyedot energi AC yang lebih besar, karena kaca bersifat menginsulasi panas.
  • Jangan membiarkan pintu terbuka hingga udara bebas keluar masuk saat AC sedang menyala.
  • Tutup ventilasi dan lubang-lubang yang memungkinkan AC bocor keluar ruangan.


Nah, dengan merawat ACsecara ringan dan teratur yang bisa kita lakukan sendiri seperti di atas, AC di rumah pasti akan lebih awet. Kerusakan akan segera bisa diketahui kan?

Selamat merawat AC Anda ya!

No comments

Powered by Blogger.