Tip Memilih Kulkas yang Cocok untuk Rumah Tangga

Tip Memilih Kulkas


MYBIGPROPERTY.COM - Biasanya, saat membutuhkan kulkas baru kita tak terlalu memperhatikan kriteria kulkas yang cocok dengan kebutuhan kita ya? Kita cenderung akan memilih kulkas yang kita kenali mereknya, lantaran sering muncul di televisi atau media iklan lain.

Padahal, kalau kita sampai salah dalam memilih kulkas, bisa jadi terjadi pemborosan. Ya pemborosan energi, ya pemborosan uang.

Untuk menghindari hal seperti itu, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin memilih kulkas.


10 Hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kulkas yang cocok dengan kebutuhan


1. Volume

Hal pertama yang wajib diperhatikan dalam memilih kulkas adalah kapasitas atau volumenya. Pilihlah kulkas yang memiliki volume penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada baiknya memilih kulkas dengan kapasitas yang besar. Sehingga apabila di kemudian hari kebutuhan kita meningkat, maka tidak perlu lagi membeli kulkas yang baru.

Namun kita juga harus mempertimbangkan masalah anggaran dana yang tersedia. Jangan memaksakan hal tersebut apabila anggaran tidak mencukupi.


2. Dimensi

Boleh saja memilih kulkas yang bervolume besar. Namun perlu diperhatikan juga masalah ruang dapur, tempat meletakkan kulkas tersebut. Semakin besar volume ruang kulkas Anda, maka semakin besar juga dimensinya.

Jangan sampai ruangan dapur yang ada sempit lalu diletakkan kulkas ukuran jumbo. Bisa rusak deh tata interior dapur Anda.


3. Desain

Untuk yang satu ini, tentu sudah menjadi tolok ukur kalau Anda ingin membeli barang. Pilihlah kulkas dengan desain sesuai selera Anda.

Jangan pernah tergoda dengan tawaran toko atau iklan yang menawarkan kulkas yang tidak sesuai dengan selera, meski mungkin harganya lebih murah atau ada diskon, supaya Anda tak kecewa kemudian.


4. Kualitas

Percuma saja punya kulkas bagus tapi bodinya mudah berkarat, engsel pintu yang mudah rusak, apalagi kalau mesinnya gampang bobrok.

Teliti bahan yang digunakan. Untuk saat ini bahan yang paling bagus adalah Pre Coated Material (PCM). Kelebihannya adalah pada ketahanan terhadap karat, antigores, kuat, serta memiliki kontur yang apik dan mengilap

Perhatikan juga apakah pintu kulkas dapat menutup dengan sempurna, dan rapat. Cek apakah bagian kaki atau penopang kulkas tersebut kuat dan rata


5. Teknologi pendingin

Umumnya kulkas yang dijual di pasaran masing-masing memiliki label berupa gambar bintang. Label tersebut bisa dilihat pada bagian kanan atas pintu kulkas. Ada yang bergambar bintang 3, ada yang 5.

Jumlah tersebut mempunyai makna tertentu. Kulkas dengan bintang 3 artinya kemampuan teknologi pendingin yang ditawarkan sebesar -150C. Sedangkan untuk kulkas dengan bintang 5 artinya suhu maksimum yang bisa dihasilkan mencapai -210C.


6. Fitur pendingin 

Setiap kulkas memiliki fitur pendinginnya masing-masing.

Pilihlah kulkas yang memiliki kemampuan unuk mendinginkan suhu secara merata ke seluruh bagian ruang. Sehingga, tak ada bagian yang suhunya sangat dingin, sedangkan di bagian lain tak terlalu dingin.


7. Wadah

Pertimbangkan wadah-wadah yang terpasang pada seluruh bagian ruang kulkas. Seperti ada rak telur, wadah daging dan ikan, wadah buah-buahan dan sayur mayur, serta rak-rak makanan dan minuman.

Juga harus ada wadah pembuangan dengan sirkulasi udara yang baik, sehingga air bisa lebih mudah dan cepat menguap.


8. Konsumsi listrik

Pastinya yang hemat energi akan lebih baik.


9. Harga

Bicara soal harga mungkin saja terbilang relatif. Karena masing-masing pasti punya anggaran yang berbeda. Namun, intinya, pilihlah kulkas dengan harga yang sesuai dengan dompet Anda dan dengan fitur yang memadai pula.

Jangan memaksakan untuk membeli kulkas mewah yang mahal, sementara anggarannya tak mencukupi.


10. Garansi dan after sales service

Ini juga perlu jadi pertimbangan yang penting. Garansi sangat penting untuk meminimalisasi terjadinya kerugian ketika kulkas yang dibeli mengalami kerusakan, khususnya pada bagian mesin.


Nah, ingat selalu beberapa tip memilih kulkas di atas jika Anda ingin membeli kulkas baru. Jangan sampai salah pilih, supaya tak menyesal.

Selamat berbelanja!

No comments

Powered by Blogger.